KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL STRATTA DAN MODEL THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BALAPULANG KABUPATEN TEGAL


Nuziyati , 2101412045 (2016) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL STRATTA DAN MODEL THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BALAPULANG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2101412045.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis cerpen merupakan kegiatan menyampaikan sebuah cerita berupa pengalaman pribadi dan pengalaman orang lain dengan mengembangkan ide tersebut dalam sebuah tulisan. Menulis cerpen adalah menuangkan kisahan atau mengisahkan satu peristiwa kehidupan yang dialami tokoh. Menulis cerpen dapat menumbuhkan daya pikir, imajinasi dan kreativitas siswa dalam mengekspresikan gagasannya semaksimal mungkin. Menulis cerpen masih dianggap sebagai kompetensi sulit yang harus dipelajari siswa sehingga menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Balapulang belum maksimal. Siswa merasa menulis cerpen membutuhkan waktu lama, siswa tidak terbiasa dilatih menulis atau kurangnya latihan menulis dengan baik, dan siswa masih bingung untuk memulai menulis. Pembelajaran menulis cerpen harus dilaksanakan dengan model dan media pembelajaran yang mendorong siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Adapun model pembelajaran yang dipilih, yaitu model Stratta dan model Think Talk Write dengan media film dokumenter. Berdasarkan uraian di atas, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana keefektifan penerapan model Stratta dengan media film dokumenter pada pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Balapulang, Kabupaten Tegal? (2) Bagaimana keefektifan penerapan model Think Talk Write dengan media film dokumenter pada pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Balapulang, Kabupaten Tegal? (3) Model pembelajaran manakah yang lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Balapulang, Kabupaten Tegal, model Stratta dengan media film dokumenter atau model Think talk Write dengan media film dokumenter? Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi keefektifan penerapan model Stratta dengan media film dokumenter pada pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Balapulang, Kabupaten Tegal; mendeskripsi keefektifan penerapan model Think Talk Write dengan media film dokumenter pada pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Balapulang, Kabupaten Tegal; mendeskripsi model pembelajaran yang lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Balapulang, Kabupaten Tegal, Model Stratta dengan media film dokumenter atau model Think talk Write dengan media film dokumenter. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Balapulang, Kabupaten Tegal tahun ajaran 2015/2016 menggunakan metode ekperimen semu vii dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Pengaruh perlakuan diperhitungkan melalui perbedaan antara tes awal dengan tes akhir pada kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model Stratta dengan media film dokumenter. Kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model Think Talk Write dengan media film dokumenter. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Tes dilakukan dalam bentuk tes tertulis menulis cerpen. Nontes melalui observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian (1) pembelajaran menulis cerpen menggunakan model Stratta dengan media film dokumenter memenuhi kriteria keefektifan. Hasil perhitungan uji beda sampel berpasangan menunjukkan Sig.(2-tailed)<0,05 (0,000<0,05); (2) pembelajaran menulis cerpen menggunakan model Think Talk Write dengan media film dokumenter memenuhi kriteria keefektifan. Hasil perhitungan uji beda sampel berpasangan menunjukkan Sig.(2-tailed)<0,05 (0,000<0,05); dan (3) pembelajaran menulis cerpen kelas X menggunakan model Stratta dengan media film dokumenter lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model Think Talk Write dengan media film dokumenter. Nilai ratarata siswa kelas eksperimen>kelas kontrol (85,84>76,53). Hasil perhitungan uji beda rata-rata (uji-t) yaitu Sig.(2-tailed)<0,05(0,038<0,05). Hal ini menunjukkan antara kelas model Stratta dengan media film dokumenter dan kelas model Think Talk Write dengan media film dokumenter terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan (1) dibutuhkan model dan media pembelajaran yang tepat dalam menunjang proses pembelajaran, agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Stratta dan model Think Talk Write dengan media film dokumenter efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis cerpen; (2) peneliti selanjutnya diharapkan untuk lebih mengkaji lebih banyak sumber maupun referensi terkait keterampilan menulis cerpen maupun model pembelajaran Stratta dan model pembelajaran Think Talk Write dengan media film dokumenter agar penelitian selanjutnya dapat lebih baik lagi; dan (3) peneliti hendaknya mempelajari terlebih dahulu kriteria siswa yang akan diteliti sehingga penerapan model pembelajaran Stratta dan model pembelajaran Think Talk Write dengan media film dokumenter dalam pembelajaran menulis cerpen apat berjalan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model stratta, model think talk write, media film okumenter, dan menulis cerpen.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2017 12:44
Last Modified: 27 Sep 2017 12:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26561

Actions (login required)

View Item View Item