PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 03 NGADIRGO MIJEN SEMARANG


Erna Dwi Handayani , 1402908191 (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 03 NGADIRGO MIJEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 03 NGADIRGO MIJEN SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 03 NGADIRGO MIJEN SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan siswa SD Negeri 03 Ngadirgo dalam membaca puisi, siswa kurang aktif sehingga tidak terjadi interaksi, guru selalu mengunakan sistem mengajar konvensional yang berpusat pada guru saja dalam pembelajaran, dan tidak ada media pembelajaran yang digunakan sebagai alat bantu. Oleh karena itu, diadakan PTK untuk mengatasi masalah yang dihadapi di kelas V. Adapun cara yang digunakan adalah dengan menggunakan video pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah dengan menggunakan video pembelajaran, hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Ngadirgo Mijen Semarang dalam pembelajaran membaca puisi dapat meningkat ?; 2) Apakah dengan menggunakan video pembelajaran, aktivitas siswa kelas V SD Negeri 03 Ngadirgo Mijen Semarang dalam pembelajaran membaca puisi dapat meningkat ?; 3) Apakah dengan menggunakan video pembelajaran, aktivitas guru dalam mengajarkan membaca puisi dapat meningkat ?. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan perolehan hasil belajar. Pada siklus I rata – rata nilai membaca puisi sebesar 66,1, pada siklus II sebesar 74,4, dan pada siklus III sebesar 81,9. Artinya penggunaan video pembelajaran mampu meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas V. Hasil penelitian ini juga menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I, siklus II dan siklus III. Berdasarkan hasil pengamatan pada siklus I aktivitas siswa rata – rata mendapat kriteria baik, pada siklus II rata – rata mendapat kriteria sangat baik, dan pada siklus III mendapat kriteria sangat baik. Demikian halnya dengan hasil pengamatan aktivitas guru juga mengalami kenaikan setiap siklus. Pada siklus I persentase aktivitas guru 75% dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus II persentasenya 85,5% dengan kriteria sangat baik, dan pada siklus III persentasenya 92,75% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas V SD Negeri 03 Ngadirgo. Disarankan dapat dimanfaatkan sebagai masukan atau bahan pertimbangan bagi guru khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia, bahwa penggunaan video pembelajaran perlu dikembangkan dan diterapkan karena dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Membaca, Puisi, Video Pembelajaran, Aktivitas Siswa, Aktivitas Guru.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 May 2011 02:46
Last Modified: 25 Apr 2015 04:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2656

Actions (login required)

View Item View Item