PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2015 – 2016


M. HASIBUAN , 2101409138 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2015 – 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101409138.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan peserta didik dalam menulis paragraf deskripsi dikatakan masih rendah karena belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), begitu juga terjadi pada siswa X A MAN 1 Banjarnegara. Peserta didik yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (70) dalam menulis paragraf deskripsi tercatat 37.5% saja. Nilai rata-rata klasikal yang diperoleh 68,1. Hambatan yang ditemukan disebabkan oleh peserta didik paham teori paragraf deskripsi, tetapi ketika menulis paragraf deskripsi mereka tidak tahu cara menuliskanya dan beranggapan bahwa menulis itu susah, membingungkan, dan membosankan. Dengan model kooperatif tipe STAD diharapkan dapat memotivasi peserta didik, memberi peluang untuk mengoptimalkan kemampuannya, dan melatih peserta didik untuk lebih kreatif dalam menulis paragraf deskripsi. Dengan demikian, kemampuan menulis paragraf deskripsi peserta didik akan mengalami peningkatan. Berkaitan dengan masalah tersebut, tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah : (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas X A MAN 1 Banjarnegara, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X A MAN 1 Banjarnegara, dan (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas X A MAN 1 Banjarnegara setelah mendapat pembelajaran menulis paragraf deskripsi melalui model kooperatif tipe STAD. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I merupakan tindakan awal dalam penelitian kemampuan menulis paragraf deskripsi menggunakan model kooperatif tipe STAD, sedangkan siklus II bertujuan memperbaiki hasil siklus I. Setiap siklus berupa perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi, dan refleksi. Data tes berupa hasil kerja peserta didik untuk mengetahui tingkat kemampuan menulis paragraf deskripsinya berdasarkan kesesuaian isi, bahasa, langkah dan bentuk, sedangkan data nontes berupa observasi, jurnal peserta didik, jurnal guru, wawancara, dan dokumentasi foto untuk mengetahui hasil proses pembelajaran dan perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi melalui model kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X A MAN 1 Banjarnegara Banjarnegara. iii Secara kesuluruhan, aspek-aspek yang diobservasi dalam penelitian ini berupa keaktifan, kemandirian, dan mempresentasikan hasil pekerjaan peserta didik dalam proses pembelajan menulis paragraf deskripsi melalui model kooperatif tipe STAD pada siklus I tercatat dengan skor 2,33, kategori cukup, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan 1 skor/ 42,91% skor menjadi 3,33 dengan kategori baik. Dengan demikian, proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi melalui model kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X A MAN 1 Banjarnegara telah mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Secara klasikal hasil tes kemampuan menulis paragraf deskripsi berdasarkan bait, rima, dan irama melalui model kooperatif tipe STAD pada peserta didik kelas siswa kelas X A MAN 1 Banjarnegara Banjarnegara siklus I tercatat nilai rata-rata kelas 69,85 dengan kategori cukup. Akan tetapi, setelah dilakukan perbaikan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan itu tercatat sebesar 5,65 atau 8,08%, nilai rata-rata menjadi 75,5 pada siklus II. Ketuntasan kemampuan peserta didik pada siklus I tercatat meningkat 15% dari kondisi awal sebesar 37,5% menjadi 52,5%, sedangkan siklus II meningkat 27,5% dari 52,5% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Selain itu, model kooperatif tipe STAD juga meningkatkan perubahan perilaku siswa kelas X A MAN 1 Banjarnegara Banjarnegara ke arah lebih positif. Perilaku positif yang dimaksud adalah kedisiplinan, kesiapan, keaktifan, kemampuan menjawab pertanyaan, dan keadaan peserta didik dengan lingkungan belajarnya. Secara keseluruhan peningkatan tersebut dari siklus I ke siklus II adalah skor rata-rata 2,4 dengan kategori cukup pada siklus I dan meningkat 1,2 skor atau 50% menjadi 3,6 dengan kategori baik atau mendekati kategori sangat baik pada siklus II. Saran kepada (1) guru mata pelajaran bahasa Indonesia hendaknya memanfaatkan model kooperatif tipe STAD untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Model kooperatif tipe STAD telah terbukti meningkatkan proses pembelajaran, kemampuan menulis paragraf deskripsi, dan mengubah perilaku peserta didik ke arah lebih positif, (2) peserta didik, hendaknya rajin belajar, banyak berlatih, dan mempraktikkan model kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi atau kegiatan menulis lainnya supaya kreativitas lebih meningkat, (3) sekolah atau madrasah, hendaknya model kooperatif tipe STAD dapat dijadikan solusi bagi pembelajaran menulis baik menulis paragraf deskripsi atau pembelajaran lainnya, (4) dan praktisi pendidikan, demi perkembangan pendidikan yang lebih berkualitas hendaknya mereka mengadakan penelitian-penelitian lanjutan mengenai kemampuan menulis paragraf deskripsi (termasuk peneliti sendiri) dengan pendekatan, model, metode, teknik, atau media tertentu yang relevan dan cocok untuk meningkatkan kemampuan menulis khususnya menulis paragraf deskripsi dengan memperhatikan kesesuaian isi, langkah, bahasa dan bentuk.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: peningkatan kemampuan, menulis paragraf deskripsi, tipe STAD
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2017 12:04
Last Modified: 27 Sep 2017 12:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26559

Actions (login required)

View Item View Item