MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS PADA SISWA KELAS IXJ DI SMPN 3 UNGARAN TAHUN AJARAN 2015/2016


Noor Halida Fitriawati Ghozali , 1301411033 (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS PADA SISWA KELAS IXJ DI SMPN 3 UNGARAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411033.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Halida, Noor. 2015.“Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Antarpribadi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolis Pada Siswa Kelas IXJ Di SMPN 3 Ungaran Tahun Ajaran 2015/ 2016”. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Prof. Dr.Sugiyo, M. Si Kata kunci: komunikasi antarpribadi, layanan bimbingan kelompok, teknik modeling simbolis. Kemampuan siswa dalam bersosialisasi bisa dilihat dari kecakapan siswa tersebut dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya. Kemampuan siswa dalam berkomunikasi tergantung dari individu masingmasing dalam mengolahnya, bisa baik, biasa-biasa saja atau bahkan buruk sekalipun. Akibat yang terjadi ketika siswa mempunyai kemampuan komunikasi yang rendah siswa tersebut menjadi siswa antisosial. Hal inilah yang terjadi di beberapa siswa kelas IX J SMPN 3 Ungaran. Mengacu pada fakta dan data tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian terkait komunikasi. Bagaimana komunikasi antarpribadi siswa bisa ditingkatkan melalui layanan bimbingan dan kelompok dengan teknik modeling simbolis pada siswa kelas IX J SMPN 3 Ungaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IX J SMPN 3 Ungaran dan sampel dalam penelitian ini adalah 10 siswa dengan kemampuan rendah, sedang dan tinggi. Teknik pengambilan sampel ini adalah purposive sampling (pengambilan sampel berdasarkan tujuan). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologis dengan jumlah 50 butir item yang sebelumnya telah diuji cobakan sehingga dapat digunakan dalam penelitian. Metode analisis data menggunaan deskriptif presentase dan uji hipotesis dengan uji Wilcoxon. Ada perubahan yang meningkat sebelum dan sesudah dilakukan layanan bimbingan dengan teknik modeling simbolik. Hasil menunjukkan bahwa dari uji Wilcoxon menunjukkan bahwa thitung=55 > ttabel=8 atau memiliki arti Ho penelitian ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolis dapat meningkatkan komunikasi antarpribadi siswa kelas IXJ SMPN 3 Ungaran tahun ajaran 2015/ 2016. Peningkatan komunikasi antarpribadi oleh 10 siswa ini diharapkan dapat berdampak pada siswa- siswa lainnya yang berada satu kelas dengan 10 siswa tersebut. Saran yang diberikan kepada guru BK yaitu diharapkan guru BK mampu menggunakan dan mencoba layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolis, setelah satu teknik ini berhasil maka cobalah teknik yang lain agar bimbingan kelompok tidak membosankan dan terus berinovasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 20757 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2017 18:01
Last Modified: 13 Oct 2017 18:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26553

Actions (login required)

View Item View Item