OPTIMASI EKSTRAKSI TERPENOID DAUN SALAM (Syzygium polyanthum) MENGGUNAKAN PELARUT ETANOL DENGAN TEKNOLOGI GELOMBANG ULTRASONIK


Rengga, Wara Dyah Pita and Prasetiawan, Haniif and Setiyorini , Nurul and Dewanti, Astiara OPTIMASI EKSTRAKSI TERPENOID DAUN SALAM (Syzygium polyanthum) MENGGUNAKAN PELARUT ETANOL DENGAN TEKNOLOGI GELOMBANG ULTRASONIK. OPTIMASI EKSTRAKSI TERPENOID DAUN SALAM (Syzygium polyanthum) MENGGUNAKAN PELARUT ETANOL DENGAN TEKNOLOGI GELOMBANG ULTRASONIK. (Submitted)

[thumbnail of Cover]
Preview
PDF (Cover)
Download (97kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
PDF (Abstrak)
Download (87kB) | Preview
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)

Abstract

Indonesia dikenal sebagai Negara dengan sumber daya hayati yang beranekaragam dimana terdapat 30.000 jenis tumbuh-tumbuhan dan 7.500 jenis diantaranya termasuk tanaman berkhasiat obat Daun salam merupakan salah satu tanaman obat, namun masyarakat Indonesia menggunakan daun salam sebgai penyedap masakan. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan inovasi pemanfaatan ekstrak daun salam sebagi antimikroba. Senyawa kimia daun salam yang berfungsi sebagai antimikroba adalah terpenoid. Metode pengambilan terpenoid dilakukan dengan metode ekstraksi . pada penelitian ini dilakukan pengambilan senyawa terpenoid pada daun salam dengan ekstraksi dengan bantuan teknologi gelombang ultasonik menggunakan pelarut etanol. Bahan yang digunakan adalah daun salam kering yang sudah dihaluskan sebanyak 10 gram dengan waktu ekstraksi selama 60 menit. Variabel yang digunakan adalah suhu ekstraksi (60 , 70 , 80 oC) dan perbandingan rasio bahan dan pelarut (1:8, 1:10, 1:12 g/g). Pengujian senyawa asarone pada sampel dilakukan dengan menggunakan GC-MS (Gas Chromatography Mass Spectrometry). Optimasi dilakukan dengan software. Design Exspert atau biasa disebut Respon Surface Methodology (RSM) dengan menggunakan metode Central Composite Design. Metode ini mempunyai keunggulan dalam model matematisnya memenuhi seluruh asumsi statistik yang melekat sehingga optimasinya menjadi tidak bias. Hasil optimum berdasarkan pengolahan data metode RSM, didapatkan kondisi optimum ekstraksi yaitu pada suhu 70oC dan rasio bahan:pelarut 1:12 g/g, sehingga diperoleh rendemen optimum sebesar 19,693%. berdasarkan analisa GC-MS di dalam daun salam terdapat terpenoid 33%.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik
Depositing User: Repository Universitas Negeri Semarang
Date Deposited: 15 Aug 2017 15:42
Last Modified: 15 Aug 2017 15:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26512

Actions (login required)

View Item View Item