SINTESIS ADSORBEN BERBASIS ABU SEKAM PADI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI RADIASI GELOMBANG MIKRO SEBAGAI PENJERAP LIMBAH ZAT WARNA AURAMINE-O


Astuti, Widi and Rengga, Wara Dyah Pita and Waluyo, Dwi and Sari, Ratih Margita SINTESIS ADSORBEN BERBASIS ABU SEKAM PADI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI RADIASI GELOMBANG MIKRO SEBAGAI PENJERAP LIMBAH ZAT WARNA AURAMINE-O. Equilibrium and Kinetic Study of Auramine-O Dye Removal by Rice Husk Ash Adsorbent. (Unpublished)

[thumbnail of cover]
Preview
PDF (cover)
Download (90kB) | Preview
[thumbnail of abstract]
Preview
PDF (abstract)
Download (86kB) | Preview
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)

Abstract

Abstrak Sekam padi merupakan limbah pertanian yang sangat melimpah. Saat ini pemanfaatannya masih sangat terbatas yaitu sebagai bahan bakar pada pembuatan batu bata. Padahal abu sekam padi memiliki kandungan SiO2 yang tinggi sehingga memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai adsorben. Penelitian ini memanfaatkan abu sekam padi dalam pembuatan adsorben dengan penambahan NaOH 1 M menggunkan radiasi gelombang mikro untuk mengurangi waktu aktivasi. Adsorben abu sekam padi dikarakterisasi dengan menggunakan Scanning Electron Microscope (SEM), Fourier Transform Infrared Spectrophotometer (FT-IR), dan Brunaur Emmet Teller (BET). Hasil uji menunjukkan bahwa adsorben yang ditambah NaOH 1 M memiliki pori yang lebih terlihat tanpa adanya selaput yang menutupinya dibandingkan dengan abu sekam padi murni. Perubahan struktur permukaan meningkatkan jumlah auramine-o yang teradsorpsi. Studi kinerja adsorben untuk menjerap auramin-o dilakukan dengan berbagai variabel percobaan yaitu pH, dosis adsorben dan waktu kontak. pH efektif untuk menghilangkan auramin-o adalah 7, dosis adsorben 0,15 gram per 50 ml dan waktu kontak efektif adalah 25 menit untuk abu sekam padi teraktivasi NaOH dan 50 menit untuk abu sekam padi. Model kesetimbangan yang cocok adalah isotherm Langmuir, sedangkan model kinetika adsorpsi yang sesuai adalah pseudo second order untuk sistem adsorpsi Auramine-O oleh abu sekam padi termodifikasi NaOH 1 molar, Kata kunci: adsorben, abu sekam padi, auramine-o, gelombang mikro, NaOH.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik
Depositing User: Repository Universitas Negeri Semarang
Date Deposited: 15 Aug 2017 13:12
Last Modified: 15 Aug 2017 13:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26504

Actions (login required)

View Item View Item