MODEL PEMBELAJARAN MATA DIKLAT DASAR INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DENGAN TRAINER INSTALASI PENERANGAN RUMAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I TPTL DI SMK N 3 SEMARANG TAHUN 2009


Syaifudin Aji Negara , 5301405030 (2009) MODEL PEMBELAJARAN MATA DIKLAT DASAR INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DENGAN TRAINER INSTALASI PENERANGAN RUMAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I TPTL DI SMK N 3 SEMARANG TAHUN 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN MATA DIKLAT DASAR INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DENGAN TRAINER INSTALASI PENERANGAN RUMAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I TPTL DI SMK N 3 SEMARANG TAHUN 2009]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN MATA DIKLAT DASAR INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DENGAN TRAINER INSTALASI PENERANGAN RUMAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I TPTL DI SMK N 3 SEMARANG TAHUN 2009) - Published Version
Download (812kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah kurangnya pengetahuan dibidang praktek siswa SMK 3 Semarang pada kompetensi memasang dan menyambung system pengawatan karena media belajar yang berupa alat praktek dan lembar kerja praktek siswa yang masih kurang bervariasi. Alat praktek tersebut yaitu pada trainer instalasi penerangan. Pada kompetensi ini membutuhkan suatu trainer instalasi penerangan yang memiliki variasi lebih banyak komponen dan penggunaannya. Rumusan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah “apakah dengan adanya penggunaan trainer instalasi penerangan rumah tinggal yang dilengkapi dengan saklar tukar ini dapat meningkatkan kualitas belajar siswa pada kompetensi memasang dan menyambung system pengawatan di SMK 3 Semarang?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang diperoleh dengan menggunakan trainer instalasi penerangan rumah di SMK 3 Semarang. Pengaruh yang diperoleh apakah besar atau kecil. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri atas empat komponen yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah siswa kelas I jurusan TPTL (Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik). Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas I TPTL-1. Penelitian ini dilaksanakan dengan teknik pengumpulan data observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Job sheet praktek siklus, Lembar observasi guru, Lembar observasi siswa dan, Angket refleksi siswa terhadap pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh, nilai rata-rata hasil belajar praktek siswa mengalami peningkatan dari 73,16 pada siklus I menjadi 82,16 pada siklus II dan ketuntasan secara klasikal mengalami peningkatan dari 83,33% pada siklus I menjadi 93,33% pada siklus II. Hasil rata-rata tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan trainer instalasi penerangan rumah dari siklus I sebesar 76,33 menjadi 92,33 pada siklus II. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa Melalui pembelajaran dengan trainer instalasi penerangan rumah pada mata pelajaran instalasi dasar penerangan listrik dapat meningkatkan hasil belajar, pemahaman serta ketertarikan siswa kelas I PTL 1 SMK Negeri 3 Semarang.Tahun Ajaran 2009/2010, namun disarankan bagi guru agar dapat menerapkan pembelajaran dengan menggunakan trainer pada kompetensi lain sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dikelas lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan suatu model pembelajaran yang sesuai sehingga siswa termotivasi untuk belajar dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Trainer, Instalasi, Penerangan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 May 2011 00:54
Last Modified: 25 Apr 2015 04:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2650

Actions (login required)

View Item View Item