HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DENGAN TINGKAT PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 RANDUDONGKAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Maftuhatun Ni’mah , 1301411013 (2017) HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DENGAN TINGKAT PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 RANDUDONGKAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, UNNES.

[img]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DENGAN TINGKAT PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 RANDUDONGKAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017 ) - Published Version
Download (1623Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan data yang diperoleh melalui angket dan skala psikologis di SMP Negeri 2 Randudongkal. Bahwa yang terjadi pada saat siswa di sekolah, perilaku prososialnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan, tingkat perilaku prososial siswa yang aktif mengikuti kegiatan kepramukaan dan mengetahui hubungan antara keaktifan siswa mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan dengan tingkat prososial pramuka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Randudongkal yang berjumlah 296 siswa. Teknik yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Sampel yang diambil sejumlah 74 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan skala psikologis berupa angket keaktifan dan skala prososial. Teknik analisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata keaktifan siswa dalam kriteria tinggi dengan presentase sebesar 75,5% dan rata-rata perilaku prososial dalam kriteria tinggi dengan presentase sebesar 72,0%. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dengan tingkat perilaku prososial siswa yang ditunjukkan dengan nilai rhitung = 0,592 dengan nilai rtabel = 0,227 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian rhitung > rtabel sehingga hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa (1) keaktifan siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dalam kategori tinggi, (2) perilaku prososial siswa yang aktif mengikuti kegiatan kepramukaan berada pada kategori tinggi, dan (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara siswa yang aktif melakukan kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dengan perilaku prososial siswa. Oleh karena itu disarankan bagi Kepala Sekolah dan guru BK untuk memberikan dukungan dan memfasilitasi kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan agar siswa dapat meningkatkan perilaku prososialnya melalui kegiatan tersebut.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Kepramukaan, Keaktifan, Prososial
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: budisantoso perpustakaan unnes
    Date Deposited: 10 Aug 2017 10:22
    Last Modified: 10 Aug 2017 10:22

    Actions (login required)

    View Item