PERSEPSI KEPALA SEKOLAH TENTANG EKSISTENSI BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMK SE-KABUPATEN PEMALANG

Arifina Nur Shofia , 1301410017 (2017) PERSEPSI KEPALA SEKOLAH TENTANG EKSISTENSI BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMK SE-KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[img]
Preview
PDF (PERSEPSI KEPALA SEKOLAH TENTANG EKSISTENSI BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMK SE-KABUPATEN PEMALANG ) - Published Version
Download (1146Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena di SMK di Kabupaten Pemalang bahwa ada kepala sekolah yang belum memenuhi tugasnya terkait dengan bimbingan dan konseling. Hal ini dapat disebabkan oleh persepsi kepala sekolah yang kurang baik pada bimbingan dan konseling. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui persepsi kepala sekolah tentang eksistensi bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Kejuruan se- Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survey. Variable yang digunakan dalan penelitian ini adalah variable tunggal yaitu persepsi kepala sekolah tentang pelayanan bimbingan dan konseling. Subjek penelitian ini berjumlah 42 kepala sekolah melalui teknik pengambilan sampel cluster random sampling non proportional. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis berupa skala persepsi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah SMK se- Kabupaten Pemalang secara keseluruhan memiliki persepsi yang baik tentang bimbingan dan konseling. Komponen yang pertama, mampu menafsirkan konsep dasar bimbingan dan konseling masuk dalam kategori baik (86,50%), komponen mampu menafsirkan manajemen bimbingan konseling masuk kategori baik (79,71%), komponen mampu menafsirkan kompetensi dan tanggungjawab konselor mask dalam kategori baik (81,43%), komponen keempat yaitu mampu menafsirkan tugas dan tanggungjawab kepala sekolah dalam bimbingan dan konseling mendapat persentase terendah sebesar 77,85%. Rata-rata persentase yang didapat pada seluruh komponen yaitu 81,37% dan masuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah di SMK se- Kabupaten Pemalang memiliki persepsi yang baik tentang pelayanan bimbingan dan konseling. Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini kepada kepala sekolah yaitu sebagai masukan bahan pertimbangan dan evaluasi pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah masing-masing agar dapat ikut serta mensukseskan pelaksanaan kegiatan tersebut dengan baik..

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah; Pelayanan Bimbingan Konseling; Persepsi
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: budisantoso perpustakaan unnes
    Date Deposited: 10 Aug 2017 10:17
    Last Modified: 10 Aug 2017 10:17

    Actions (login required)

    View Item