PENGEMBANGAN TEACHING AIDS Ispring PRESENTATION UNTUK MENGEMBANGKAN LOGIKA BERPIKIR DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI SMP N 39 SEMARANG


Sari Yuni Kurniasih , 1102411001 (2016) PENGEMBANGAN TEACHING AIDS Ispring PRESENTATION UNTUK MENGEMBANGKAN LOGIKA BERPIKIR DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI SMP N 39 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN TEACHING AIDS Ispring PRESENTATION UNTUK MENGEMBANGKAN LOGIKA BERPIKIR DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI SMP N 39 SEMARANG ]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN TEACHING AIDS Ispring PRESENTATION UNTUK MENGEMBANGKAN LOGIKA BERPIKIR DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI SMP N 39 SEMARANG ) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan pembelajaran matapelajaran Matematika kelas VIII SMP N 39 Semarang, siswa sulit memahami materi yang diajarkan oleh guru. Pembelajaran matematika yang dilakukan menggunakan metode ceramah dan pemecahan soal, guru tidak melibatkan alat bantu mengajar (teaching aids) berbasis multimedia, hanya menggunakan media buku. Pembelajaran matematika memerlukan pemahaman logika yang tepat sehingga tidak ada kekeliruan dalam memahami materi. Untuk mengatasi hal tersebut hingga pemahaman logika siswa tepat terhadap materi, kemudian dikembangkan Teaching Aids iSpring Presentation pada materi Teorema Pythagoras, dan agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Dalam penelitian ini dibahas bagaimana pengembangan Teaching Aids iSpring Presentation berdasar validasi ahli materi dan media serta berdasar ujicoba media pada siswa sebelum media ini digunakan. Setelah penggunaan media, apakah mampu mengembangkan logika berpikir siswa terhadap materi teorema pythagoras. Serta bagaimana hubungan perkembangan logika berpikir dengan hasil belajar siswa, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Developmen dengan pengembangan media model ADDIE. Desain pengembangan pada tahap implementasi teaching aids ini dilakukan dengan eksperimen pola pretest-posttest control group design. Adapun populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 39 Semarang. Sedangkan sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas VIII E dan Kelas VIII A yang dipilih dengan Teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, angket/kuisioner, dokumentasi, dan test. Pada pengembangan media, memperoleh hasil 88,5% dari ahli materi 1 dan 87,6% dari ahli materi 2, serta 88,3% dari ahli media sehingga dapat dikategorikan media yang dikembangkan sangat layak. Hasil tes logika kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, rata-rata hasil tes logika kelas kontrol adalah 66,416, sedangkan rata-rata hasil tes logika kelas eksperimen adalah 73,080. Hasil belajar berdasar nilai postest, rata-rata nilai kelas kontrol 72,25 dan rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 77,41. Hasil uji korelasi antara logika berpikir dengan hasil belajar juga menunjukan bahwa keduanya memiliki pengaruh dengan nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,895. Ada baiknya guru dapat memanfaatkan media lain yang lebih fariatif dan tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teaching Aids, Logika Berpikir, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budisantoso perpustakaan unnes
Date Deposited: 10 Aug 2017 13:56
Last Modified: 10 Aug 2017 13:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26493

Actions (login required)

View Item View Item