PENGEMBANGAN KARTU KENDALI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA


Ulil Azmi, 0602513045 (2016) PENGEMBANGAN KARTU KENDALI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Tesis_Ulil_Azmi_0602513045.pdf]
Preview
PDF
Download (871kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang lebih efektif dalam proses pembelajaran, karena pada hakekatnya keberhasilan proses pembelajaran salah satunya tergantung dari berjalannya suatu komunikasi. Komunikasi yang baik dan benar akan menghasilkan hasil yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran kartu kendali teknik dasar permainan bola besar bagi siswa SMP. Prosedur pengembangan yang digunakan meliputi beberapa tahap ; 1) menganalisis produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli, 4) uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan, 5) revisi produk, dan hasil produk pengembangan. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kualitas produk menggunakan 1) angket evaluasi ahli, 2) kuesioner kognitif, afektif, psikomotorik terhadap siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (3 ahli materi, 1 ahli pembelajaran, dan 1 ahli media), uji coba kelompok kecil (34 siswa), dan uji lapangan (102 siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengetahui aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa setelah menggunakan produk. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk media pembelajaran kartu kendali teknik dasar permainan bola besar yang lebih efektif untuk digunakan dalam pembelajaran, mudah dipahami, dan dapat mengatasi ketidakefektifan dalam kegiatan belajar mengajar permainan bola besar. Hal itu didapat dari ujicoba kelompok kecil dengan hasil 89,1% dan ujicoba lapangan dengan hasil 89,8 %. Berdasarkan kriteria yang ada maka produk kartu kendali ini telah memenuhi kriteria baik sehingga dapat digunakan. Simpulan dari penelitian adalah menghasilkan produk kartu kendali yang memanfaatkan teknologi sebagai media modern agar media pembelajaran yang sudah ada menjadi lebih efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Saran bagi guru Penjasorkes agar produk aplikasi ini dapat digunakan dalam pembelajaran permainan bola besar sehingga memudahkan guru dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar. Saran Bagi siswa, pemanfaatan produk kartu kendali ini hendaknya memberikan pesan bahwa teknologi juga mempunyai sisi positif yang bisa digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, yaitu sebagai media pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 18 Jul 2017 15:26
Last Modified: 18 Jul 2017 15:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26479

Actions (login required)

View Item View Item