TINJAUAN ANALISIS TEKNIK LARI MENGGUNAKAN LATIHAN KOORDINASI DENGAN RESISTANCE DAN TANPA RESISTANCE TERHADAP KECEPATAN LARI 60 METER PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 01 RANDUDONGKAL


Tutus Eshananda Hars, 0602513007 (2016) TINJAUAN ANALISIS TEKNIK LARI MENGGUNAKAN LATIHAN KOORDINASI DENGAN RESISTANCE DAN TANPA RESISTANCE TERHADAP KECEPATAN LARI 60 METER PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 01 RANDUDONGKAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of cd_tesis.pdf]
Preview
PDF
Download (632kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan pengaruh antara latihan koordinasi ABC Running dengan resistance dan latihan koordinasi ABC Running tanpa resistance terhadap kecepatan lari 60 meter, 2) perbedaan pengaruh penguasaan teknik gerak lari kelas atas dan kelas bawah terhadap kecepatan lari 60 meter, 3) interaksi antara latihan koordinasi dan perbedaan kelompok kelas terhadap kecepatan lari 60 meter. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain 2x2. Sampel penelitian terdiri dari 20 pelajar dari SD Negeri 01 Randudongkal Kabupaten Pemalang. Instrument yang digunakan adalah tes lari 60 meter. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis varians 2 jalan (Two Way ANOVA) kemudian dilanjutkan dengan uji Turkey untuk mengetahui interaksi antar kelompok pada taraf signifikansi α = 0,05%. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Fhitung sebesar 5,210 > Ftabel sebesar 4,49 dan taraf signifikansi < 0,05, menunjukan bahwa latihan koordinasi ABC Running dengan Resistance berpengaruh lebih baik terhadap peningkatan kecepatan lari 60 m dibandingkan latihan koordinasi ABC Running tanpa Resistance, 2) Fhitung sebesar 0,018 < Ftabel sebesar 4,49 dan nilai signifikansi < 0,05, menunjukan bahwa tidak terdapat peningkatan teknik gerak lari yang signifikan antara kelompok kelas atas dan kelas bawah, 3) Fhitung sebesar 1,377 < Ftabel sebesar 4,49 dan nilai signifikansi < 0,05, menunjukan bahwa tidak ada interaksi yang signifikan antara latihan koordinasi dan perbedaan kelompok kelas terhadap kecepatan lari. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan 1) Latihan Koordinasi dengan Resistance mempercepat kecepatan lari, dan latihan koordinasi memperbaiki teknik berlari, 2) tidak ada pengaruh yang signifikan antara penguasaan teknik gerak lari antara kelas bawah dan kelas atas terhadap kecepatan lari 60 meter, 3) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara latihan koordinasi dan perbedaan kelas terhadap kecepatan lari 60 meter. Berdasarkan penelitian disarankan kepada 1) pelatih nomor Sprint kedua bentuk latihan dalam penelitian ini dapat dilatihkan pada Sprinter pelajar, 2) Apabila ingin meningkatkan kecepatan lari dan frekuensi langkah, maka latihan koordinasi ABC Running dengan Resistance lebih dianjurkan untuk dilatihkan pada pelari pemula. Sedangkan jika ingin memperbaiki teknik gerak lari maka latihan koordinasi ABC Running tanpa Resistance dapat digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 18 Jul 2017 15:23
Last Modified: 18 Jul 2017 15:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26478

Actions (login required)

View Item View Item