HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PENGETAHUAN PEDAGOGIK, SUPERVISI GURU PENDAMPING, DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES SMA DI KABUPATEN BANYUMAS


Sabar Marfianto, 0602513056 (2016) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PENGETAHUAN PEDAGOGIK, SUPERVISI GURU PENDAMPING, DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES SMA DI KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (885kB) | Preview

Abstract

Pentingnya penilaian kinerja guru supaya guru dapat dan selalu mengembangkan dirinya ke arah yang lebih baik dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Kompetensi pengetahuan pedagogik merupakan salah satu faktor internal guru pendidikan jasmani. Faktor eksternal yaitu supervisi dan sarana dan prasarana penunjang dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hubungan kompetensi pengetahuan pedagogik, supervisi guru pendamping, dan sarana prasarana terhadap kinerja guru penjasorkes SMA di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan korelasional yaitu untuk menentukan hubungan antara dua atau tiga variabel. Analisis korelasi bertujuan menentukan kekuatan hubungan antara variabel kompetensi pengetahuan pedagogik, supervisi guru pendamping, sarana prasarana dengan kinerja guru penjasorkes. Kemudian dipaparkan hubungan antara variabel-variabel bebas dengan variabel terikat secara parsial maupun keseluruhan. Teknik analisis data menggunakan regresi linear dengan bantuan SPSS 22. Berdasarkan hasil penelitian 1) ada hubungan kompetensi pengetahuan pedagogik terhadap kinerja guru penjasorkes, 2) ada hubungan supervisi guru pendamping terhadap kinerja nilai guru penjasorkes, 3) ada hubungan sarana prasarana terhadap kinerja guru penjasorkes, 4) ada hubungan kompetensi pengetahuan pedagogik dan supervisi guru pendamping terhadap kinerja nilai guru penjasorkes, 5) ada hubungan kompetensi pengetahuan pedagogik dan sarana prasarana terhadap kinerja guru penjasorkes, 6) ada hubungan supervisi guru pendamping dan sarana prasarana terhadap kinerja guru penjasorkes, dan 7) ada hubungan kompetensi pengetahuan pedagogik, supervisi guru pendamping dan sarana prasarana terhadap kinerja nilai guru penjasorkes. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif kompetensi pengetahuan pedagogik, supervisi guru pendamping, dan sarana prasarana terhadap kinerja guru penjasorkes SMA di Kabupaten Banyumas. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru penjasorkes lebih meningkatkan kemampuan kompetensi pengetahuan pedagogik, pihak sekolah meningkatkan pengadaan sarana prasarana penunjang pembelajaran, dan dinas pendidikan untuk sering mengadakan program supervisi yang dilakukan oleh guru pendamping.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 18 Jul 2017 15:18
Last Modified: 18 Jul 2017 15:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26476

Actions (login required)

View Item View Item