PENGARUH METODE LATIHAN DAN POWER LENGAN TERHADAP HASIL JUMP SHOOT BOLA BASKET PADA SISWI EKSTRAKURIKULER SMP MARDISISWA 1 SEMARANG


ROHMAD APRIYANTO, 0602512076 (2016) PENGARUH METODE LATIHAN DAN POWER LENGAN TERHADAP HASIL JUMP SHOOT BOLA BASKET PADA SISWI EKSTRAKURIKULER SMP MARDISISWA 1 SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (855kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan pengaruh metode latihan terhadap hasil jump shoot bola basket. 2) perbedaan pengaruh antara power lengan tinggi dan power lengan rendah terhadap hasil jump shoot bola basket. 3) Mengetahui interaksi antara metode latihan dan power lengan terhadap hasil jump shoot bola basket. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Mardisiswa 1 Semarang selama 6 minggu. Metode penelitian eksperimen rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah siswi ekstrakurikuler bola basket putri SMP Mardisiswa 1 Semarang sebanyak 21 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sebanyak 16 siswa. Variabel yang diteliti yaitu variabel bebas: variabel manifulatif metode latihan rintangan 1 dan rintangan 2, variabel atributif power lengan, serta satu variabel terikat hasil latihan jump shoot. Instrumen penelitian 1) tes power lengan menggunakan bola medicine, 2) tes tembakan jump shoot. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian 1) Ada perbedaan pengaruh metode latihan rintangan 1 dan metode latihan rintangan 2 terhadap hasil jump shoot, (F hitung=7.364 > F tabel=4.747). 2) Ada Perbedaan pengaruh antara power lengan tinggi dan power lengan rendah terhadap hasil jump shoot bola basket (F hitung=32.818 > F tabel=4,747). Hasil jump shoot bola basket yang memiliki power lengan tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki power lengan rendah, (3) Ada interaksi yang signifikan antara metode latihan dan power lengan terhadap hasil jump shoot bola basket (F hitung=7,364> F tabel=4,747). Kesimpulan, 1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan terhadap hasil jump shoot bola basket. 2) ada perbedaan pengaruh antara power lengan tinggi dan power lengan rendah. 3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara metode latihan dan power lengan terhadap hasil jump shoot bola basket. Saran: 1) Siswa dengan power lengan tinggi sebaiknya dilatih dengan metode latihan rintangan 1, karena mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan metode latihan rintangan 2. 2) siswa dengan power lengan rendah disarankan untuk dapat meningkatkan power lengan seperti latihan push up, latihan beban sehingga power lengan akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 18 Jul 2017 15:15
Last Modified: 18 Jul 2017 15:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26475

Actions (login required)

View Item View Item