EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TINGKAT SMA/SMK DI KABUPATEN KULON PROGO


RAHMAWAN SANTOSO, 0602513075 (2015) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TINGKAT SMA/SMK DI KABUPATEN KULON PROGO. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (272kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) implementasi Kurikulum 2013 lingkup materi standar isi mata pelajaranPendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan tingkat SMA/SMK di Kabupaten Kulon Progo.2) implementasi Kurikulum 2013 lingkup materi standar proses. 3) implementasi Kurikulum 2013 lingkup materi standar penilaian.4) persepsi kepala sekolah dan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Populasi dalam penelitian ini 52 SMA/SMK dan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 18 SMA/SMK (proportionale stratified random sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara, kuesioner ditunjukkan kepada guru dan siswa sedangkan wawancara ditunjukan kepada kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukan. 1) standar isi dengan rata-rata 77,6% sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2013, namun masih ada kendala karena kurangnya sarana prasarana dan distribusi buku. 2) standar proses dengan rata-rata 79,5% sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2013, namun dalam proses pembelajaran belum sepenuhnya seperti yang diharapkan. 3) standar penilaian dengan rata-rata 73,5%sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2013, namun karena rubriknya terlalu banyak jadi menyulitkan guru. 4) persepsi kepala sekolah dan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada prinsipnya mereka setuju, namun harus dipersiapkan lebih baik lagi. Simpulan mencangkup standar isi, standar proses, dan standar penilaian dengan rata-rata 76,91% sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2013, akan tetapi masih terdapat kendala-kendala dalam pelaksanaanya. Berdasarkan hasil penelitian ini pemerintah diharapkan untuk melanjutkan Kurikulum 2013, tetapi harus dipersiapkan lebih baik, kesiapan sumber daya manusia, sarana dan prasarana, buku-buku pelajaran,dan disederhanakan standar penilaian. Sekolah yang diputuskan kembali menggunakan Kurikulum 2006 masih dimungkinkan menerapkan nilai-nilai positif Kurikulum 2013 dan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan harus terdapat banyak unsur bermain/Teaching Games for Understanding (TGfU).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 18 Jul 2017 15:06
Last Modified: 18 Jul 2017 15:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26472

Actions (login required)

View Item View Item