PENGARUH METODE LATIHAN DAN KEMAMPUAN MOTOR EDUCABILITY TERHADAP HASIL LATIHAN TEKNIK SEPAKBOLA PADA SSB CAMAR MAS JAYA UNGARAN KABUPATEN SEMARANG


Radita Dwi Candra, 0602513094 (2015) PENGARUH METODE LATIHAN DAN KEMAMPUAN MOTOR EDUCABILITY TERHADAP HASIL LATIHAN TEKNIK SEPAKBOLA PADA SSB CAMAR MAS JAYA UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (484kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perbedaan pengaruh metode latihan taktis dan teknis terhadap hasil latihan teknik sepakbola. 2) Perbedaan pengaruh antara kemampuan motor educability tinggi dan motor educability rendah terhadap hasil latihan teknik sepakbola 3) Interaksi antara metode latihan dan kemampuan motor educability terhadap hasil latihan teknik sepakbola. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan factorial 2x2, populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pemain SSB Camar Mas Jaya Ungaran Kabupaten Semarang. Besarnya sampel penelitian 40 pemain dari jumlah populasi 58 pemain. Teknik pengambilan sampel berdasarkan Purposive Random Sampling. Instrumen tes dalam penelitian ini yaitu : 1) Tes motor educability menggunakan Iowa-Brace. 2) Program latihan metode taktis dan teknis. 3) Tes teknik sepakbola (passing-stopping, dribbling dan shooting). Teknik analisis data menggunakan ANAVA 2 jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05. Uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Lavene’s test. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : 1) Pada metode latihan didapat nilai Fhitung = 11,935, sedangkan Ftabel sebesar 4,11. Harga Fhitung lebih besar dari harga Ftabel (Fhitung > Ftabel). 2) Pada kemampuan motor educability didapat Fhitung = 12,804 sedangkan Ftabel sebesar 4,11. Harga Fhitung lebih besar dari harga Ftabel (Fhitung > Ftabel). 3) Interaksi antara metode latihan dan kemampuan motor educability didapat Fhitung = 3,939 sedangkan harga Ftabel diperoleh 4,11. Harga Fhitung lebih kecil dari harga Ftabel (Fhitung < Ftabel). Simpulan : 1) Ada pengaruh yang signifikan antara metode latihan taktis dan metode latihan teknis terhadap hasil teknik sepakbola (passing-stopping, dribbling dan shooting). Pengaruh metode latihan taktis lebih baik dari metode latihan teknis. 2) Ada perbedaan pengaruh pemain yang memiliki motor educability tinggi dan motor educability rendah terhadap hasil latihan teknik sepakbola. Pemain yang memiliki motor educability tinggi lebih baik dari yang memiliki motor educability rendah. 3) Tidak ada interaksi yang signifikan antara metode latihan dan kemampuan motor educability terhadap hasil latihan teknik sepakbola. Pelatih dan pembina olahraga dapat menggunakan metode latihan taktis sebagai metode alternatif pada latihan teknik sepakbola dan bagi peneliti lain yang hendak mengadakan penelitian sejenis, diharapkan agar lebih mengembangkan penelitian dengan cakupan lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 18 Jul 2017 15:01
Last Modified: 18 Jul 2017 15:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26471

Actions (login required)

View Item View Item