SURVEI DAMPAK RUMAH BULAT DAN STATUS GIZI TERHADAP KAPASITAS VITAL PARU PADA IBU POST PARTUM YANG MENGGUNAKAN KOMPRES PANAS DI KECAMATAN MOLLO TENGAH NTT

Angkit Kinasih, Angkit Kinasih (2016) SURVEI DAMPAK RUMAH BULAT DAN STATUS GIZI TERHADAP KAPASITAS VITAL PARU PADA IBU POST PARTUM YANG MENGGUNAKAN KOMPRES PANAS DI KECAMATAN MOLLO TENGAH NTT. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (443Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak rumah bulat dan status gizi terhadap kapasitas vital paru pada ibu post partum yang menggunakan kompres panas di Kecamatan MolloTengah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Informasi dikumpulkan melalui wawancara menggunakan kuesioner dengan ibu yang baru melahirkan saat penelitian berlangsung yang ada di Kecamatan Mollo Tengah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sebanyak 9 orang yang diambil sedang menggunakan kompres panas di rumah bulat. Kondisi rumah bulat diketahui dengan observasi dan pengukuran dilakukan untuk status gizi dengan tes kapasitas vital paru. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi berganda untuk mengukur besarnya pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang memiliki kapasitas vital paru pada kategori restriktive ringan sebanyak 44,4% dan yang memiliki kapasitas vital paru normal sebanyak 55,6%. Kondisi rumah bulat kurang baik yang ditinggali oleh ibu-ibu pada masa post partum yang menggunakan kompres panas sebanyak 55,6% dalam kategori kurang baik, 44,4% pada kategori baik dan sebanyak 0,0% dalam kategori sangat baik. Sedangkan kondisi ibu post partum sebanyak 55,6% mengalami resiko KEK dan sebanyak 44,4% bukan merupakan resiko KEK. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tradisi tatobi pada ibu post partum di Kecamatan Mollo Tengah Nusa Tenggara Timur yang dilakukan di rumah bulat (ume kbubu) ternyata membawa dampak negatif terhadap kapasitas vital paru ibu. Gangguan kapasitas vital paru ibu sebagai gejala awal terjadinya gangguan kesehatan paru dan jantung akibat paparan kondisi lingkungan dalam rumah yang kurang sehat dan fisik rumah yang tidak memenuhi persyaratan rumah sehat. Hasil uji pengaruh diketahui ada pengaruh secara simultan kondisi rumah bulat dan status gizi terhadap kapasitas vital paru pada ibu post partum yang menggunakan kompres panas di Kecamatan Mollo Tengah sebesar 89,7%. Rendahnya kapasitas vital paru pada ibu post partum yang menggunakan kompres panas di rumah bulat dimungkinkan karena buruknya kualitas udara dalam ruang rumah bulat dan pengaruh panas akibat pemakaian kompres panas serta adanya pantangan makan pada ibu saat pasca melahirkan. Saran yang diajukan hendaknya mengurangi waktu pelaksanaan tradisi tatobi dalam rumah bulat, petugas kesehatan hendaknya untuk menggunakan pendekatan budaya dan adat istiadat setempat dalam peningkatan pelayanan kesehatan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 18 Jul 2017 10:27
    Last Modified: 18 Jul 2017 10:27

    Actions (login required)

    View Item