INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK PENGAMALAN NILAI KEDISIPLINAN SISWA SMP NEGERI 25 SEMARANG


YATMINI, 0301513005 (2016) INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK PENGAMALAN NILAI KEDISIPLINAN SISWA SMP NEGERI 25 SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (273kB) | Preview

Abstract

Integrasi pendidikan karakter untuk menanamkan nilai kedisiplinan di SMP Negeri 25 Semarang memang perlu untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran IPS yang disebabkan kurangnya kedisiplinan siswa mengingat banyaknya pelanggaran-pelanggaran tata tertib yang dilakukan oleh siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini (1) mengetahui pelaksanaan pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS untuk pengamalan nilai kedisiplinan di SMP N 25 Semarang. (2) mengetahui upaya yang dilakukan untuk menanamkan karakter kepada siswa SMP N 25 Semarang (3) mengetahui kendala pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS untuk pengamalan nilai kedisiplinan di SMP N 25 Semarang. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah diskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan study dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teori dan triangulasi sumber sedangkan tehnik analisis data digunakan tehnik model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penanaman karakter sudah dimulai ketika guru menyusun perangkat, kemudian dalam pelaksanaan pembelajaran guru menanamkan kedisiplinan serta dalam proses penilaian guru juga telah melaksanakannya dengan semaksimal mungkin, 2) Upaya yang dilakukan dengan memberikan contoh atau teladan yang baik terhadap peserta didik dengan harapan peserta didik ikut tertarik dan mengikuti apa yang dilakukan oleh guru, dan 3) Kendala dalam pengintegrasian yaitu latar belakang siswa yang berasal dari lingkungan yang berbeda-beda sehingga sulit membentuk karakter kedisiplinan pada siswa, kurangnya teladan guru, perawatan sarana prasarana yang kurang maksimal, dan kurangnya perhatian orang tua murid. Simpulan penelitian ini adalah secara keseluruhan guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 25 Semarang telah mengintegrasikan karakter kedisiplinan dalam proses pembelajaran. Peneliti menyarankan agar guru SMP Negeri 25 Semarang dalam proses belajar mengajar di kelas hendaknya selalu menanamkan nilai kedisiplinan dengan memberikan contoh dan teladan kepada siswa, SMP N 25 Semarang diharapkan dapat lebih mengembangkan lagi kegiatan pembiasaan, Kepala sekolah sebagai penanggung jawab hendaknya tidak segan-segan memberikan arahan dan nasihat kepada setiap guru, dan Semua pihak yang terlibat dalam pembelajaran hendaknya mampu memberikan contoh dan teladan kepada para siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 May 2017 15:02
Last Modified: 03 May 2017 15:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26459

Actions (login required)

View Item View Item