PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMP
Sukarlin, 0301513027 (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (203kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana kondisi awal hasil belajar IPS peserta didik di SMP N 1 Kalinyamatan Jepara, bagaimana pengembangan prototipe modul pembelajaran IPS berbasis model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, bagaimana keberterimaan modul pembelajaran IPS berbasis model problem based learning (PBL) tersebut dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar peserta didik dengan modul pembelajaran IPS berbasis model problem based learning (PBL). Penelitian ini bertujuan mengkaji dan menganalisis kondisi hasil belajar IPS peserta didik, menyusun prototipe modul pembelajaran IPS berbasis model problem based learning, menganalisis tingkat keberterimaan dan menganalisis hasil belajar modul tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R & D). Pengembangan dilakukan melalui modul pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi, wawancara, validasi modul dan lembar tes. Analisis data yang dipakai adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar awal peserta didik masih rendah. Hasil belajar yang didapatkan dari segi sikap, pengetahuan dan keterampilan berada dibawah KKM. Prototipe modul dikembangkan melalui tahap awal, pengembangan dan penerapan. Pengembangan modul meliputi identifikasi interaksi manusia dengan lingkungan alam, manusia dengan lingkungan sosial, manusia dengan lingkungan budaya dan interaksi manusia dengan lingkungan ekonomi. Hasil uji coba modul melalui serangkaian proses uji coba terbukti dapat diterima. Peningkatan hasil belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 59,59 dan postesnya 83,51 dengan kriteria tingkat capaian N-Gain sebesar 0,59 yang dapat dinyatakan dalam kriteria efektif. Saran yang disampaikan yaitu bagi Forum MGMP, modul pembelajaran IPS yang berbasis model problem based learning ini layaknya dapat didesiminasikan, baik melalui kegiatan seminar ataupun diskusi ilmiah tingkat Sekolah Menengah Pertama. Setidaknya pula, modul tersebut dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS yang diawali di tempat penelitian ini yaitu di SMP N 1 Kalinyamatan Jepara yang selanjutnya dapat diikuti oleh beberapa SMP lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 03 May 2017 14:59 |
Last Modified: | 03 May 2017 14:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26458 |
Actions (login required)
View Item |