PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER MATA PELAJARAN PKn MELALUI KUNJUNGAN KE MUSEUM PESERTA DIDIK MAN 2 SEMARANG


Sri Islami Budi Indah Kusumowati , 0301513028 (2016) PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER MATA PELAJARAN PKn MELALUI KUNJUNGAN KE MUSEUM PESERTA DIDIK MAN 2 SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (864kB) | Preview

Abstract

Pendalaman materi PKn merupakan suatu tuntutan bagi peserta didik dalam mempelajari PKn, karena peserta didik tidak hanya dituntut memiliki kompetensi kognitif tetapi juga afektif dan psikomotorik. Upaya untuk mengembangkan berfikir kreatif peserta didik terutama dalam pembelajaran PKn di sekolah harus terus dilakukan, karena pelajaran PKn yang diterapkan disekolah sering kali berkesan kurang menarik bahkan membosankan. Mengembangkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik salah satunya adalah kunjungan ke museum sebagai sumber pembelajaran PKn. Melalui kunjungan ke museum mengubah anggapan peserta didik dalam pembelajaran PKn yang membosankan dan menjenuhkan tetapi menyenangkan dan merupakan sesuatu yang menarik. Tujuan Penelitian ini yaitu (1) Menganalisis model pendidikan karakter di MAN 2 Semarang; (2) Mengembangkan model pendidikan karakter mata pelajaran PKn melalui kunjungan ke museum; (3) Menguji kelayakan model pendidikan karakter melalui kunjungan ke museum terhadap materi PKn. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan atau Research and Development. Model pengembangan menggunakan model prosedural yang bersifat deskriptif Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Peserta didik, Lembar Tugas Peserta Didik . Analisis validasi perangkat pembelajaran dan model Group Investigation dilakukan dengan penilaian ahli. Pengembangan penelitian ini, diperolehnya deskripsi model pendidikan, pengembangan model pendidikan karakter mata pelajara PKn melalui kunjungan ke museum, analisis kebutuhan model pembelajaran Group Investigation melalui kunjungan ke museum berupa pembelajaran PKn yang selama ini dilakukan; seperti apa model pembelajaran GI melalui kunjungan ke museum yang dibutuhkan di kelas XI; harapan guru terhadap model pembelajaran Group Investigation melalui kunjungan ke museum; pengembangan model pembelajaran group Investigation melalui kunjungan ke museum dan evaluasi model. Berdasarkan hasil penelitian, Implikasi pendidikan karakter di MAN 2 Semarang, memiliki keunggulan tersendiri, karena MAN 2 Semarang sebagai sekolah yang berbasis Islam; Model Pembelajaran Group Investigation melalui Kunjungan ke Museum mendapat respon yang positif dari peserta didik kelas XI MAN 2 Semarang, hal itu terbukti dari proses kegiatan belajar mengajar dan hasil tingkat pemahaman peserta didik lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 May 2017 14:52
Last Modified: 03 May 2017 14:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26457

Actions (login required)

View Item View Item