MANAJEMEN STRATEGIS PAUD TERPADU MUTIARA IBU PURWOREJO


Rini Angraini, 0102512035 (2015) MANAJEMEN STRATEGIS PAUD TERPADU MUTIARA IBU PURWOREJO. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (872kB) | Preview

Abstract

Pengembangan Program Anak Usia Dini Holistik Integratif merupakan strategi utama lembaga PAUD dalam upaya meraih keunggulan bersaing dan mencapai tujuan lembaga, sehingga dibutuhkan pengelolaan strategi dalam PAUD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi serta pengendalian strategi di PAUD Terpadu Mutiara Ibu Purworejo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penentuan sumber data dilakukan secara purposive dan snowball. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan studi dokumen, sedangkan sebagai instrumen adalah peneliti sendiri. Analisis data menggunakan model interaktif dengan aktivitas meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas terhadap data hasil penelitian dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, trianggulasi, dan member check. Hasil penelitian ini adalah (1) Perumusan strategi melibatkan seluruh personel lembaga dan berfokus pada kesesuaian antara visi, misi, dan tujuan, serta kekuatan yang dimiliki terhadap potensi peluang dari lingkungan eksternal lembaga, (2) Implementasi strategi dilaksanakan melalui program, anggaran, dan prosedur, serta strategi fungsional SDM dan budaya lembaga, dan (3) Evaluasi dan pengendalian strategi dilaksanakan melalui evaluasi atas landasan strategi, kinerja lembaga, dan pengambilan tindakan korektif. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi fungsional SDM meliputi seleksi, orientasi, sosialisasi, dan pelatihan yang didukung dengan budaya lembaga yang kuat menentukan keberhasilan pengembangan program/layanan pendidikan di PAUD Terpadu Mutiara Ibu Purworejo. Saran penelitian ini adalah (1) Menetapkan tujuan jangka panjang dan menyusun perencanaan jangka panjang sebagai landasan bagi pengembangan sistem evaluasi dan pengendalian strategi lembaga, serta landasan bagi praktik SDM dalam mencapai kinerja lembaga yang lebih tinggi, (2) Budaya yang berorientasi pada strategi perlu terus diperbaharui dari waktu ke waktu agar dapat memenuhi kebutuhan yang unik dari lembaga dalam menciptakan kompetensi inti yang baru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 20 Apr 2017 16:56
Last Modified: 20 Apr 2017 16:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26442

Actions (login required)

View Item View Item