PENGELOLAAN PROGRAM VOKASIONAL PADA MADRASAH BERWAWASAN PENDIDIKAN KETERAMPILAN (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri Magelang)


Nurul Diniyati , 0102513028 (2015) PENGELOLAAN PROGRAM VOKASIONAL PADA MADRASAH BERWAWASAN PENDIDIKAN KETERAMPILAN (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri Magelang). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tidak semua lulusan MAN dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, sehingga MAN Magelang sebagai MAN model melengkapi kurikulum pembelajaran dengan program keterampilan vokasional. Hal ini dirasa cukup unik bagi peneliti bila mengingat MAN yang bukan sekolah berbasis vokasi menerapkan program tersebut dan ditunjuk sebagi MAN model bagi madrasah se karesidenan Kedu dalam pengelolaan program pendidikannya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsi dan menganalisis perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan program vokasional di MAN Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kasus. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah pengelolaan program keterampilan vokasional. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan, gejala/ proses pembelajaran, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan program vokasional diawali dengan identifikasi kebutuhan program yaitu kondisi latar belakang ekonomi siswa sebagian besar dari kalangan menengah ke bawah, kemudian tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi, sehingga tujuan program vokasional adalah untuk menyiapkan tenaga kerja dengan kemampuan menengah, persiapan program dilakukan dengan membentuk tim pelaksana harian serta membuat rencana pembiayaan; (2) pengorganisasian dilakukan dengan membagi tugas kepada pelaksana harian dan penyusunan jadwal program yang mengikuti karakteristik full day school system; (3) pengarahan dilakukan oleh kepala madrasah saat briefing dan event-event tertentu, serta motivasi dilakukan dengan memberikan motivasi verbal untuk menggerakkan seluruh guru dan siswa yang terlibat dalam program; (4) pengawasan dilakukan dengan mengadakan supervisi kunjungan kelas dan diikuti tindak lanjut. Simpulan penelitian ini adalah pengelolaan program di MAN Magelang dilakukan melalui tahapan-tahapan langkah dan prosedur kerja yang sesuai dengan prinsip dan fungsi dalam manajemen. Saran bagi kepala MAN Magelang yaitu untuk terus berupaya meningkatkan kualitas program, bagi peneliti selanjutnya untuk menelusuri lulusan apakah program ini relevan dengan kebutuhan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 20 Apr 2017 16:52
Last Modified: 20 Apr 2017 16:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26441

Actions (login required)

View Item View Item