IMPLEMENTASI MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DI SMA SEMESTA SEMARANG


Istikah Sulastri, 0102513012 (2015) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DI SMA SEMESTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (585kB) | Preview

Abstract

Sistem sekolah Boarding School sebagai lembaga pendidikan formal tidak terlepas dari manajemen dalam menjalankan fungsinya untuk mencapai visi, misi dan tujuan. Sekolah seharusnya mempunyai manajemen yang baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan serta evaluasinya. Manajemen dapat berjalan dengan baik pada sebuah lembaga pendidikan apabila ada kerjasama antara guru, karyawan, serta lingkungan sekolah dan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan Boarding School di SMA Semesta Semarang, (2) mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan Boarding School di SMA Semesta Semarang, dan (3) mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi Boarding School di SMA Semesta Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif. Fokus penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Boarding School di SMA Semesta Semarang. Sumber data dalam penelitian adalah informan, fenomenalogi atau proses dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi mengamati fenomena atau peristiwa yang ada di SMA Semesta , wawancara dilakukan secara langsung kepada informan dan studi dokumen yaitu peneliti memperoleh dokumen manajemen Boarding School. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskripsi Hasil penelitian manajemen Boarding School yang ada di SMA Semesta yaitu perencanaan manajemen Boarding School di buat secara terpusat, pelaksanaan manajamen Boarding School masih ada beberapa peraturan asrama yang belum bisa ditaati, pembina asrama yang belum bisa menaati peraturan, kegiatan ekstrakurikuler yang belum terlaksana dengan optimal, pelaksanaan sarana dan prasarana yang mengalami hambatan, administrasi sekolah yang sering mengalami masalah di semester awal. Evaluasi manajemen Boarding School pada kedisiplinan siswa belum merata dan perlu mendapat sanksi tegas, perlunya evaluasi kedisiplinan pembina asrama, adanya evaluasi guru permata pelajaran atau rapat zumre. Simpulan manajemen Boarding School di SMA Semesta: perencanaan sudah disusun dengan rapat dan semua pihak dilibatkan, pelaksanaan manajemen Boarding School belum optimal, evaluasi Boarding School belum terlalu rinci. Disarankan pada yayasan untuk memperbaiki manajemen Boarding School di SMA Semesta, pada Kemendikbud lebih intensif lagi melakukan pengawasan terhadap pengaruh negatif budaya asing dalam dunia pendidikan, pada masyarakat SMA Semesta dapat di jadikan sebagai pilihan sekolah yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 20 Apr 2017 16:49
Last Modified: 20 Apr 2017 16:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26440

Actions (login required)

View Item View Item