PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA NON FISIK MELALUI KOMITMEN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN GURU SD NEGERI DI KECAMATAN GEMUH KABUPATEN KENDAL


Ibdaul Latifah, 0102513013 (2016) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA NON FISIK MELALUI KOMITMEN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN GURU SD NEGERI DI KECAMATAN GEMUH KABUPATEN KENDAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (743kB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja non fisik dan komitmen guru adalah perkara penting yang dibutuhkan dalam rangka meningkatkan kedisiplinan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja non fisik melalui komitmen guru terhadap kedisiplinan guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional untuk melihat hubungan kausalitas dari beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kedisiplinan guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal sejumlah 240. Jumlah sampel adalah 144 guru yang diperoleh dengan teknik random sampling dan data dikumpulkan dengan angket. Analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program software IBM SPSS Statisctic 19. Hasil penelitian menunjukkan(1) terdapat pengaruh langsung yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru, (2) tidak terdapat pengaruh langsung lingkungan kerja non fisik terhadap kedisiplinan guru, (3) tidak terdapat pengaruh langsung kepemimpinan kepala sekolah terhadap komitmen guru, (4) terdapat pengaruh langsung lingkungan kerja non fisik terhadap komitmen guru, (5) terdapat pengaruh langsung komitmen guru terhadap kedisiplinan guru, (6) tidak terdapat pengaruh tidak langsung kepemimpinan kepala sekolah melalui komitmen guru terhadap kedisiplinan guru dan (7) terdapat pengaruh tidak langsung lingkungan kerja non fisik melalui komitmen guru terhadap kedisiplinan guru. Saran yang diajukan : (1) kepala sekolah dalam memimpin disesuaikan dengan kondisi guru yang akan dipimpin, (2) lingkungan kerja yang ada disekolah diharapkan dapat ditingkatkan lagi keharmonisan, rasa aman dan suasana kerja, (3) komitmen guru lebih ditingkatkan lagi agar kinerja juga meningkat, (4) kedisiplinan guru lebih ditingkatkan lagi khususnya dalam melaksanakan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 20 Apr 2017 16:43
Last Modified: 20 Apr 2017 16:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26438

Actions (login required)

View Item View Item