PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BAGI GURU TATA BOGA
DWI ARI WASKITO, 0102513068 (2015) PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BAGI GURU TATA BOGA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (960kB) | Preview |
Abstract
Pelatihan memberi kesempatan kepada guru untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap baru yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Manajemen pelatihan yang pernah dilaksanakan guru tata boga di Kabupaten Pacitan masih ditemukan kelemahan, sehingga penelitian ini fokus pada pengembangan model manajemen pelatihan penyusunan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, menganalisis, menemukan, dan mengetahui keefektivan model manajemen pelatihan penyusunan bahan ajar bagi guru tata boga di Kabupaten Pacitan. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur penelitian dimulai dari tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Sumber data diperoleh dari informan, dokumen, proses kegiatan dan validator. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, angket, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon, uji gain score, analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Validasi model dilakukan dengan menggunakan penilaian pakar/ahli (expert judgement) dengan menggunakan teknik delphi. Hasil validasi dari ahli/ pakar akademisi dan praktisi berkaitan dengan model dan modul pelatihan adalah 41,33 dan 38,67 dengan kategori baik. Hasil evaluasi reaksi untuk mengukur tanggapan responden terhadap kualitas penyelenggaraan pelatihan dinilai baik dengan total skor 1013. Pada evaluasi pembelajaran terdapat perubahan yang signifikan terhadap kemampuan peserta pelatihan sebelum dan sesudah pelatihan yang dibuktikan dengan uji wilcoxon dengan tingkat signifikansi α =0,05, nilai asymp sig yang didapat adalah 0,027. Nilai rata-rata yang didapat peserta pelatihan pada tes awal adalah 13,83 meningkat menjadi 30,00 dengan selisih 16,17. Simpulan dari penelitian ini yaitu bahwa manajemen pelatihan penyusunan bahan ajar yang selama ini dilaksanakan (model faktual) oleh guru Tata Boga SMK di Kabupaten Pacitan masih ditemukan kelemahan, sehingga untuk mengatasi kelemahan tersebut peneliti mengembangkan model manajemen pelatihan berdasarkan analisis kebutuhan program pelatihan. Produk hasil penelitian ini dapat dijadikan panduan oleh pengawas maupun kepala sekolah dalam melakukan pembinaan dan pelatihan profesional guru dalam penyusunan bahan ajar disekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 13:59 |
Last Modified: | 20 Apr 2017 13:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26435 |
Actions (login required)
View Item |