IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SMK GARUDA NUSANTARA DEMAK


Arief Subechi Widodo, 0102513020 (2015) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SMK GARUDA NUSANTARA DEMAK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (358kB) | Preview

Abstract

Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan untuk membantu dan membina guru dalam meningkatkan kemampuan, mutu dan proses pembelajaran sebagai upaya memaksimalkan tercapainya tujuan supervisi akademik yaitu membantu guru dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi supervisi akademik di SMK Garuda Nusantara Demak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif kasus. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah implementasi supervisi akademik dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan supervisi akademik dilakukan dengan membuat prosedur pelaksanaan supervisi akademik tentang identifikasi kebutuhan, tujuan, sasaran dan jadwal pelaksanaan, (2) Kegiatan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah mempunyai prosedur melakukan koordinasi, melaksanakan observasi dan menggunakan teknik atau metode supervisi akademik kepada guru untuk memahami dan mengerti keluhan atau hambatan yang dirasakan oleh guru, dan (3) Evaluasi dilakukan untuk mendapatkan data-data keterlaksanaan kegiatan pembelajaran. Proses evaluasi supervisi akademik memiliki prosedur hasil supervisi, menganalisis hasil supervisi, kendala yang dihadapi, dan melakukan pembinaan. Simpulan penelitian ini adalah kegiatan supervisi akademik di SMK Garuda Nusantara dilakukan melalui langkah-langkah dan prosedur yang sesuai dengan prinsip dan proses supervisi akademik yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Saran bagi kepala sekolah SMK Garuda Nusantara kepala sekolah lebih memperhatikan dalam hal perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi hingga memberikan tindak lanjut yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru. Guru sebagai orang yang disupervisi diharuskan untuk selalu siap ketika pelaksanaan supervisi dilakukan. pelaksanaan supervisi akademik haruslah dilakukan sesuai dengan prinsip dan metode yang tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 20 Apr 2017 13:52
Last Modified: 20 Apr 2017 13:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26433

Actions (login required)

View Item View Item