PENGGERAKKAN PELAYANAN KESISWAAN DI SD NEGERI 3 UNDAAN TENGAH KECAMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS

Ardhian Fitriana, 0102513010 (2015) PENGGERAKKAN PELAYANAN KESISWAAN DI SD NEGERI 3 UNDAAN TENGAH KECAMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (348Kb)

    Abstract

    Siswa merupakan salah satu sumber daya manusia pada jenjang sekolah yang harus mendapatkan perhatian lebih. Upaya kepala sekolah untuk memperhatikan siswa yaitu dengan meningkatkan penggerakkan pelayanan kesiswaan, baik pelayanan akademik maupun non akademik. Fokus dalam penelitian ini adalah Penggerakkan Pelayanan Kesiswaan di SD Negeri 3 Undaan Tengah Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Tujuan penelitian ini adalah, (1) Mendeskripsikan dan menganalisis koordinasi dalam penggerakkan pelayanan kesiswaan di SD Negeri 3 Undaan Tengah Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus; (2) Mendeskripsikan dan menganalisis motivasi dalam penggerakkan pelayanan kesiswaan di SD Negeri 3 Undaan Tengah Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus; (3) Mendeskripsikan dan menganalisis komunikasi dalam penggerakkan pelayanan kesiswaan di SD Negeri 3 Undaan Tengah Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus; (4) Mendeskripsikan dan menganalisis pengarahan dalam penggerakkan pelayanan kesiswaan di SD Negeri 3 Undaan Tengah Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi mengenai penggerakkan pelayanan kesiswaan di SD Negeri 3 Undaan Tengah Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Pengambilan sampel yang digunakan adalah snowball sampling. Hasil dari penelitian ini adalah kepala sekolah dalam penggerakkan pelayanan kesiswaan melakukan empat hal yaitu koordinasi, motivasi, komunikasi, dan pengarahan terhadap warga sekolah. Dengan melakukan empat hal tersebut, penggerakkan pelayanan kesiswaan dapat terintegrasi antara tujuan kegiatan dengan kemampuan para pelaksana. Warga sekolah lebih bersemangat dengan motivasi dari kepala sekolah yaitu contoh yang diberikan secara riil. Komunikasi yang dibangun mampu menciptakan kedekatan sehingga warga sekolah dapat bekerja sama dalam penggerakkan pelayanan kesiswaan. Dan pengarahan yang diberikan menjadikan warga sekolah memahami apa yang harus dilakukan secara terarah dan terkontrol.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 20 Apr 2017 09:48
    Last Modified: 20 Apr 2017 09:48

    Actions (login required)

    View Item