PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SDN 02 WINDUROJO KECAMATAN KESESI KABUPATEN PEKALONGAN
Agus Hadi Susilo, 0102513016 (2015) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SDN 02 WINDUROJO KECAMATAN KESESI KABUPATEN PEKALONGAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (481kB) | Preview |
Abstract
Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan untuk membantu dan membina guru dalam meningkatkan kemampuan, mutu dan proses pembelajaran, supervisi akademik sangat penting untuk dilakukan sebagai upaya memaksimalkan tercapainya tujuan supervisi akademik yaitu membantu guru dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini 1) menganalisis perencanaan supervisi akademik, 2) menganalisis pelaksanaan supervisi akademik, 3) menganalisis evaluasi dan tindak lanjut supervisi akademik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif kasus. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah pelaksanaan supervisi akademik dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah 1) perencanaan supervisi akademik dilakukan oleh kepala sekolah dengan membuat prosedur pelaksanaan supervisi akademik tentang persiapan supervisi, tujuan progam, sasaran kegiatan dan jadwal, 2) pelaksanaan supervisi akademik di SDN 02 Windurojo dilakukan kepala sekolah dan dibantu oleh wakil kepala sekolah. Pelaksanaan supervisi akademik mempunyai tahapan yang meliputi pengamatan kegiatan pembelajaran, dan instrument supervisi. Kegiatan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah melalui metode kunjungan kelas dan wawancara kepada guru untuk memahami dan mengerti keluhan atau hambatan yang dirasakan oleh guru, dan 3) evaluasi dari hasil pelaksanaan supervisi ini dilakukan oleh kepala sekolah untuk mendapatkan data-data keterlaksanaan kegiatan pembelajaran. Proses evaluasi meliputi hasil supervisi, kendala yang dihadapi, dan tindak lanjut. Simpulan penelitian ini adalah pelaksanaan supervisi akademik di SDN 02 Windurojo dilakukan melalui tahapan-tahapan langkah dan prosedur supervisi akademik yang sesuai dengan prinsip dan fungsi dalam supervisi akademik. Saran bagi kepala sekolah yaitu untuk meningkatkan kemampuan untuk dapat memahami dan memberikan solusi yang efektif dari hasil kegiatan supervisi akademik. Guru diharuskan untuk selalu siap ketika supervisi dilakukan. Kegiatan supervisi akademik diharapkan dapat membantu guru mengatasi permasalahan dan kegiatan supervisi harus dilakukan sesuai dengan prinsip dan metode yang tepat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 13:42 |
Last Modified: | 20 Apr 2017 13:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26431 |
Actions (login required)
View Item |