PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HIDROLISIS GARAM BERMUATAN KARAKTER BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA


Yotiani, 0402513019 (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HIDROLISIS GARAM BERMUATAN KARAKTER BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (533kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, diperoleh data bahwa selama ini proses pembelajaran yang dilakukan banyak berpusat pada guru dan menggunakan model pembelajaran yang tidak menuntut siswa untuk memperoleh pengetahuannya sendiri, siswa langsung diberikan materi, konsep, rumus, tanpa harus mengetahui dan mencari asal-usulnya. Pembelajaran masih belum mampu memberikan makna dalam proses pembelajaran, mengakibatkan siswa semakin jenuh dan bosan mempelajari materi yang ada. Padahal pembelajaran sekarang menitikberatkan pada kegiatan siswa, sedangkan guru diposisikan sebagai fasilitator. Dengan demikian, diperlukan variasi model pembelajaran untuk membantu siswa meningkatkan pemahaman dan minat belajar kimia, meningkatkan keikutsertaan dan menimbulkan rasa keingintahuan siswa dalam belajar, menanamkan nilai karakter pada siswa, sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dapat dikembangkan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar bermuatan karakter berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar hidrolisis garam bermuatan karakter berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan desain one-group pre-test post-test. Prosedur pengembangan yang digunakan meliputi (1) pendefinisian (define), (2) perencanaan (design), (3) pengembangan (develop). Subjek implementasi pada tahap develop adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mandor (Kalimantan Barat) tahun pelajaran 2014/2015. Instrumen dalam penelitian ini meliputi: (1) lembar wawancara guru (analisis kebutuhan); (2) penilaian/uji ahli terhadap produk bahan ajar yang dikembangkan; (3) soal tes kemampuan berpikir kritis siswa materi hidrolisis garam; (4) lembar observasi karakter siswa; (5) lembar observasi psikomotor siswa; dan (6) lembar angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar hidrolisis garam bermuatan karakter berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan, serta mendapat respon positif dari siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 19 Apr 2017 16:25
Last Modified: 19 Apr 2017 16:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26430

Actions (login required)

View Item View Item