Strategi Pembelajaran Fisika Berbasis Gaya Belajar Model Kolb untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep


M. Syaiful Jazil, 0402513120 (2016) Strategi Pembelajaran Fisika Berbasis Gaya Belajar Model Kolb untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (169kB) | Preview

Abstract

Rendahnya minat belajar dan pemahaman konsep siswa salah satunya disebabkan oleh strategi pembelajaran yang tidak sesuai dengan gaya belajar siswa, padahal setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui profil gaya belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan model Kolb, (2) mengetahui pola pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, (3) mengetahui perbedaan rata-rata minat belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan (4) mengetahui perbedaan rata-rata pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed methode dengan sequential exploratory design yang terdiri atas dua tahap: Tahap awal peneliti menggunakan metode kualitatif dan pada tahap kedua menggunakan metode kuantitatif, setelah itu dilakukan kombinasi untuk menjawab rumusan masalah dan menguji hipotesis. Subjek penelitian adalah kelas X-1 sebanyak 38 siswa dan kelas X-5 sebanyak 36 siswa sebagai kelas ekperimen, sedangkan kelas X-2 sebanyak 37 siswa dan kelas X-4 sebanyak 37 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh: (1) Gaya belajar model Kolb terdistribusi merata pada masing–masing kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) Pola pemahaman konsep kelas ekperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. (3) Tidak terdapat perbedaan antara rata-rata minat belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. (4) Terdapat perbedaan antara rata-rata pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Simpulan dari penelitin ini adalah penerapan strategi pembelajaran fisika berbasis gaya belajar model Kolb meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 19 Apr 2017 16:19
Last Modified: 19 Apr 2017 16:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26428

Actions (login required)

View Item View Item