PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA FISIKA SMP KELAS VIII SEMESTER 2 BERORIENTASI KARAKTER DAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)


Paijan, 0402513065 (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA FISIKA SMP KELAS VIII SEMESTER 2 BERORIENTASI KARAKTER DAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (475kB) | Preview

Abstract

Penelitian didasarkan pada permasalahan bahwa saat ini masih kurang upaya guru mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dan mengintegrasikan karakter dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan ketersediaan bahan ajar yang mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan memuat nilai-nilai karakter kurang memadahi. Tujuan penelititian menghasilkan produk bahan ajar IPA Fisika berorientasi karakter dan Higher Order Thinking Skill yang valid, praktis, dan efektif. Manfaat penelitian sebagai bahan acuan belajar siswa melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi dan mengembangkan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modifikasi dari model 4-D yaitu define,design, develop, tanpa desseminate. Draf divalidasi tiga ahli serta diujicobakan di SMPN 2 Pecangaan Jepara. Hasil penelitian menunjukan bahan ajar IPA Fisika Kelas VIII yang dikembangkan memenuhi standar validitas dari aspek isi, metode penyajian, bahasa, dan kelengkapan berdasarkan analisis validasi ahli. Efektifitas bahan ajar menunjukan peningkatan skor rata-rata karakter sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan bahan ajar. Keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa berdasarkan analisis gain ternormalisasi juga mengalami peningkatan 0,4 dengan kategori peningkatan sedang.Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa bahan ajar hasil pengembangan valid, praktis, dan efektif meningkatkan karakter dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Saran peneliti pengembangan tidak terbatas pada penyusunan bahan ajar tetapi lebih luas pada penerapan metode dan pendekatan pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 19 Apr 2017 16:10
Last Modified: 19 Apr 2017 16:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26425

Actions (login required)

View Item View Item