PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROJECT UNTUK MENUMBUHKAN NILAI KONSERVASI ELEMEN AKTUALISASI DIRI DAN POTENSI INTELEKTUAL


Mustikan, 0402513069 (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROJECT UNTUK MENUMBUHKAN NILAI KONSERVASI ELEMEN AKTUALISASI DIRI DAN POTENSI INTELEKTUAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (624kB) | Preview

Abstract

Hasil studi pendahuluan melalui wawancara 10 guru IPA, dan pendapat 67 siswa melalui kuisioner menunjukkan ada nilai konservasi yang masih perlu untuk ditumbuhkan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berbasis project untuk menumbuhkan nilai konservasi elemen aktualisasi diri dan potensi intelektual. Penelitian menggunakan metode R & D meliputi fase : define, design, and development. Penilaian validator menunjukkan perangkat pembelajaran cukup valid dan layak. Hasil uji Wicoxon J hitung model POI 14,5 dan J hitung model Richard 3,0 keduanya di bawah J tabel 52 yang berarti memiliki perbedaan yang signifikan. Analisis N-gain penumbuhan aktualisasi diri model POI mencapai N-gain 0,31 dan Richard 0,36 keduanya berkategori sedang. Persentase penumbuhan tingkat aktualisasi diri siswa yang mencapai kategori minimal cukup tinggi model POI 90 % siswa dan model Richard 80 % siswa. Analisis tes pengetahuan menunjukkan potensi intelektual memiliki N-gain 0,36 atau kategori sedang dan 80 % siswa mampu mencapai nilai minimal 70. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang dikembangkan efektif menumbuhkan nilai konservasi elemen aktualisasi diri dan potensi intelektual.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 19 Apr 2017 16:00
Last Modified: 19 Apr 2017 16:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26422

Actions (login required)

View Item View Item