EFEKTIVITAS LKS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PBP) PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN DI SMPN 3 BREBES


Murtado, 0402513021 (2015) EFEKTIVITAS LKS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PBP) PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN DI SMPN 3 BREBES. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (350kB) | Preview

Abstract

Kompetensi professional menentukan kemampuan sains siswa. Hasil pengamatan di SMP N 3 Brebes diperoleh aktivitas, keterampilan proses, sikap ilmiah siswa, dan hasil belajar kognitif rendah. Salah satu bahan dan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas oral, keterampilan proses, sikap ilmiah, dan hasil belajar kognitif siswa adalah LKS model PBP. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penggunaan LKS model PBP terhadap aktivitas oral, keterampilan proses, sikap ilmiah, hasil belajar kognitif, dan respon siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di SMP N 3 Brebes. Desain penelitian adalah Posttest Only Non Equivalent Control Group Design. Aktivitas oral, keterampilan proses, dan respon siswa dianalisis dengan skala likert. Sikap ilmiah dianalisis dengan rating scale. One sample t test dan indenpendent t test digunakan untuk menguji ketuntasan individu dan perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas oral siswa berada pada kategori baik dan sangat baik. Keterampilan proses siswa berada pada kategori baik dan sangat baik. Sikap ilmiah siswa berada pada kategori sangat baik. Siswa mencapai rata-rata 3,10 dengan KKM 2,66. Hasil belajar kognitif kelas eksperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Dengan demikian penggunaan LKS model PBP efektif terhadap aktivitas oral, keterampilan proses, sikap ilmiah, hasil belajar kognitif, dan respon siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di SMP N 3 Brebes.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 19 Apr 2017 15:57
Last Modified: 19 Apr 2017 15:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26421

Actions (login required)

View Item View Item