PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS ENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN MINAT KEWIRAUSAHAAN SISWA SMP


Mukhsinin, 0402512021 (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS ENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN MINAT KEWIRAUSAHAAN SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (191kB) | Preview

Abstract

Saat ini masalah pengembangan jiwa kewirausahaan melalui pendidikan formal menjadi aktual untuk dibahas. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan yang sangat rasional. Salah satu alasannya adalah besarnya angka pengangguran akibat tidak seimbangnya antara tenaga kerja/lulusan dengan kesempatan kerja yang ada. Oleh karena itu sekolah sebagai lembaga pendidikan harus mengembangkan pembelajaran berbasis entrepreneurship, untuk meningkatkan minat kewirausahan para siswa. Salah satu yang dapat dilakukan adalah mengembangkan bahan ajar yang berbasis entrepreneurship. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan bahan ajar berbasis entrepreneurship, bagaimana kevalidan bahan ajar, bagaimana keefektifan bahan ajar dan bagaimana peningkatan minat kewirausahaan siswa setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis entrepreneurship. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bahan ajar IPA yang berbasis entrepreneurship yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat siswa terhadap kewirausahaan. Pengembangan bahan ajar berbasis entrepreneurship dalam penelitian ini dilakukan dengan melalui beberapa tahap. Tahap pertama adalah studi pendahuluan. Tahap kedua adalah tahap pengembangan produk. Sedangkan tahap ketiga adalah tahap pengujian produk. Bahan ajar yang dikembangkan memiliki karakter yaitu membangun persepsi positif siswa terhadap dirinya sendiri dan terhadap kegiatan wira usaha, membangkitkan motivasi berwira usaha, menanamkan nilai-nilai kewirausahaan, menambah wawasan dan pengetahuan tentang kewirausahaan dan memberi bekal keterampilan wira usaha kepada siswa. Bahan ajar telah divalidasi oleh ahli dan guru, dan hasilnya layak untuk dijadikan sebagai bahan ajar. Bahan ajar hasil pengembangan efektif digunakan dalam pembelajaran, dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang memenuhi persyaratan ketuntasan. Bahan ajar juga teruji mampu meningkatkan minat kewirausahaan siswa dari rata-rata semula 69 menjadi 79. Peningkatan tersebut berkategori sedang, dengan nilai gain = 0,32. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis entrepreneurship sebaiknya dilaksanakan secara berkesinambungan. Kegiatan latihan keterampilan kewirausahaan sebaiknya memanfaatkan benda-benda di sekitar siswa. Disarankan juga untuk menghadirkan wirausahawan ke dalam kelas untuk lebih memotivasi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 19 Apr 2017 15:54
Last Modified: 19 Apr 2017 15:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26420

Actions (login required)

View Item View Item