PENGEMBANGAN ALBUM PTERIDOFIT DENGAN MEMANFAATKAN POTENSI LOKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA
Martiadi Pedrik, 0402513018 (2016) PENGEMBANGAN ALBUM PTERIDOFIT DENGAN MEMANFAATKAN POTENSI LOKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (517kB) | Preview |
Abstract
Tumbuhan paku merupakan kelompok tumbuhan yang memiliki keanekaragaman cukup tinggi. Guru mengalami kesulitan dalam menghadirkan tumbuhan paku langsung ke dalam kelas, karena selain jumlah spesies yang banyak, tumbuhan paku juga tidak tumbuh setiap saat. Akibat hal tersebut, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan. Salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan dalam menghadirkan keanekaragaman tumbuhan paku yaitu menggunakan media. Media pembelajaran yang dikembangkan berupa album pteridofit. Penelitian ini bertujuan: (1) mengidentifikasi tumbuhan paku yang tumbuh di lahan perkebunan kelapa sawit Meranti, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat; (2) menganalisis validitas media pembelajaran album pteridofit yang dikembangkan; dan (3) menganalisis respon siswa dan guru terhadap album pteridofit yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) yang dirancang menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba skala kecil dilakukan di SMAN 1 Menyuke, Kabupaten landak, Kalimantan Barat. Uji coba skala kecil bertujuan mengetahui respon siswa dan guru terhadap media yang dikembangkan. Hasil identifikasi tumbuhan paku di lahan perkebunan kelapa sawit Meranti terdiri atas 19 spesies, 16 genus, dan 13 familia. Tumbuhan paku hasil identifikasi kemudian digunakan sebagai bahan dasar pembuatan album pteridofit. Hasil validasi media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata 51 dengan kriteria sangat valid oleh kedua ahli media dan rata-rata skor 41 dengan kriteria sangat valid oleh kedua ahli materi. Album pteridofit yang dikembangkan layak digunakan. Hasil uji coba skala kecil menunjukkan, respon siswa memperoleh total skor 943 dengan kriteria sangat baik dan guru memberikan respon positif terhadap media pembelajaran yang dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 19 Apr 2017 15:52 |
Last Modified: | 19 Apr 2017 15:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26419 |
Actions (login required)
View Item |