PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN IPA BERVISI KONSERVASI MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 WATUKUMPUL


Heru Susilo , 0402513055 (2015) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN IPA BERVISI KONSERVASI MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 WATUKUMPUL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (492kB) | Preview

Abstract

SMP Negeri 2 Watukumpul merupakan salah satu sekolah menengah pertama di Pemalang. Siswa-siswa di sekolah tersebut tidak mengenal ancaman kerusakan lingkungan akibat pencemaran bahan kimia di lingkungan sekitar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran biologi bervisi konservasi berdasarkan analisis kebutuhan dan mengevaluasi pengaruh penggunaan desain pembelajaran terhadap pengetahuan dan sikap peduli lingkungan. Desain pembelajaran dikembangkan menggunakan pendekatan researh and development (R&D) dengan tahap analisis kebutuhan, pengembangan draf, validasi draft, dan ujicoba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sekolah belum mendorong guru untuk mengembangkan desain pembelajaran biologi untuk pendidikan konservasi. Sekolah belum mengintegrasikan pendidikan konservasi dalam pengajaran biologi; (2) desain pembelajaran yang didokumentasikan dalam bentuk silabus dan RPP dikembangkan dengan mengikuti 8 learning management question dinyatakan valid oleh 5 validator (skor penilaian > 80%); (3) penggunaan desain pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan dan sikap peduli lingkungan. Uji Kruskal-Walls menunjukkan terdapat perbedaan skor pengetahuan maupun sikap peduli lingkungan pada ketiga kelompok (χ^2=20,24; p<0,05 dan χ^2=16,94; p<0,05). X ̅ pengetahuan adalah 41,78; 61,68; 79,82 sedangkan X ̅ sikap adalah 69,21; 75,74; 81,78. Temuan lain adalah pengetahuan berkorelasi positif terhadap sikap peduli lingkungan dengan R2 sebesar 35%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 19 Apr 2017 15:20
Last Modified: 19 Apr 2017 15:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26413

Actions (login required)

View Item View Item