STUDENTS’ PERFORMANCE ON SOLVING PHYSICS PROBLEM THROUGH THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) METHOD FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Fifriana Heksa Tetty Sri Hadiyati, 0402513088 (2016) STUDENTS’ PERFORMANCE ON SOLVING PHYSICS PROBLEM THROUGH THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) METHOD FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (694Kb)

    Abstract

    Pembelajaran dengan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) menuntut siswa bekerja berpasangan untuk memecahkan masalah fisika. Satu siswa sebagai problem solver harus membaca soal dan berfikir dengan suara keras selama proses pemecahan masalah. Siswa lain sebagai listener memperhatikan pemecahan masalah oleh problem solver dan mengingatkannya untuk tetap berbicara dengan keras ketika berfikir atau melakukan sesuatu, juga meminta klarifikasi dan menunjukkan jika ada kesalahan. Penelitian ini mengggunakan TAPPS untuk mendeskripsikan kinerja pemecahan masalah siswa yang terdiri dari kemampuan, kesulitan dan proses pemecahan masalah. Siswa dikelompokkan berdasarkan gaya pemecahan masalah thinking, feeling, intuitive, dan sensing menggunakan Problem Solving Style Questionnaire (PSSQ). Kemampuan pemecahan masalah diteliti untuk melihat adanya perbedaaan yang signifikan setelah belajar menggunakan TAPPS untuk setiap gaya pemecahan masalah. Data diambil melalui Problem Solving Ability Test, Problem Solving Difficulty Questionnaire, Worksheet dan Observation Sheet. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan tentang kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang memiliki gaya pemecahan masalah thinking, feeling, intuitive, dan sensing setelah pembelajaran dengan metode TAPPS; siswa dengan gaya pemecahan masalah sensing memiliki tingkat kesulitan pemecahan masalah tertinggi, diikuti siswa dengan gaya thinking, intuitive, dan feeling. Lembar observasi dianalisis untuk menggambarkan pola masalah proses pemecahan dari siswa dengan gaya pemecahan masalah thinking, feeling, intuitive, dan sensing.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 19 Apr 2017 11:16
    Last Modified: 19 Apr 2017 11:16

    Actions (login required)

    View Item