PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK
Diah Ika Rusmawati, 0402513007 (2015) PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (419kB) | Preview |
Abstract
Hasil angket dan observasi menunjukkan rendahnya karakter peserta didik di SMK Negeri 1 Semarang. Selain itu, literasi sains peserta didik di Indonesia dari tes Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2012 masih sangat tertinggal, yaitu menduduki perringkat ke-64 dari 65 negara peserta. Karakter peserta didik yang baik dan peningkatan literasi sains dapat diperoleh melalui penggunaan metode dan media pembelajaran yang tepat. Lembar Kerja Siswa berbasis lingkungan digunakan sebagai pedoman peserta didik melakukan percobaan. Pada implementasinya peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kerja. Dengan bekerja bersama-sama dalam kelompok-kelompok mempermudah peserta didik melakukan pengamatan dan menyimpulkan hasil percobaan berdasarkan teori yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan karakter dan peningkatan literasi sains peserta didik setelah implementasi pembelajaran kimia berbasis lingkungan. Desain penelitian yang digunakan adalah mixed methode menggunakan metode embedded design. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas X SMK N 1 Semarang tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 14 kelas. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dan dengan berbagai pertimbangan pemanfaatan ilmunya di dunia kerja maka dihasilkan kelas X-TP 2 sebagai kelas eksperimen dan X-TP 1 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes berbentuk essay, lembar observasi karakter peserta didik, lembar observasi kinerja peserta didik, panduan wawancara, angket tanggapan peserta didik, dan dokumentasi. Implementasi pembelajaran kimia berbasis lingkungan mampu mengembangkan karakter peserta didik dan peningkatkan literasi sains peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter dan literasi sains peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Pembelajaran kimia berbasis lingkungan yang diimplementasikan mempunyai beberapa karakteristik yaitu lingkungan digunakan sebagai alat dan sumber belajar, pembelajaran diawali dengan menganalisis fenomena-fenomena yang ada di sekitar peserta didik, dan menggunakan LKS berbasis lingkungan sebagai pedoman melakukan percobaan. Karakter yang paling berkembang selam proses pembelajaran di kelas eksperimen yaitu tanggung jawab dan peduli lingkungan sebesar 93,38%. Peningkatan literasi sains pada kelas eksperimen mempunyai kriteria sedang dengan pencapaian rerata %N-gain mencapai 62%. Peserta didik juga memberikan respon yang positif pada implementasi pembelajaran kimia berbasis lingkungan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 19 Apr 2017 15:12 |
Last Modified: | 19 Apr 2017 15:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26411 |
Actions (login required)
View Item |