IMPLEMENTASI TEORI APOS PADA MODUL BERMUATAN KARAKTER KEMANDIRIAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MATERI GEOMETRI SEKOLAH


YUSTIA RAHMAWATI, 0401513071 (2016) IMPLEMENTASI TEORI APOS PADA MODUL BERMUATAN KARAKTER KEMANDIRIAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MATERI GEOMETRI SEKOLAH. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (908kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar yang disusun berdasarkan teori APOS masih terbatas, penelitian ini menerapkan teori tersebut untuk mengembangkan modul referensi bermuatan karakter kemandirian dan komunikasi matematis. Peran teori APOS adalah untuk memfasilitasi pembaca mengkonstruksi kerangka kerja dari aksi yang berupa rincian materi, proses dan objek untuk memantapkan konsep serta mengorganisasi ke skema guna memecahkan masalah terkait materi geometri. Kerangka kerja dan konsep yang di susun dengan jelas memudahkan pembaca untuk belajar dan mendorong munculnya kemandirian yang berpengaruh pada komunikasi matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana eksistensi bahan ajar berdasarkan teori APOS serta menguji kevalidan dan kepraktisan modul berdasarkan respon pembaca. Desain penelitian ini adalah R&D dengan tahap Borg & Gall yang dibatasi sampai tahap ke-6 yaitu uji coba lapangan terbatas. Subjek penelitian adalah guru, orang tua, dan siswa SD, SMP, SMA di Kabupaten Klaten. Variabel penelitian ini adalah karakter kemandirian dan komunikasi matematis siswa. Data kualitas modul diperoleh dari observasi, pedoman wawancara, kuesioner, dan portofolio. Data dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksistensi bahan ajar yang ada selama ini memiliki kriteria yang belum berorientasi teori APOS, sebagian tahap aksi, obyek, dan skema belum terpenuhi. Hasil penelitian juga menegaskan bahwa modul yang dikembangkan valid dan praktis, (1) validasi modul sangat tinggi, kriteria sangat baik (x ̅=4,37); (2) respon positif guru dan orang tua terhadap modul menunjukkan bahwa modul dapat digunakan sebagai referensi belajar; (3) penerapan modul mendorong karakter kemandirian siswa yang lebih baik, siswa SD berinisiatif belajar, mampu mendiagnosa kebutuhan belajarnya sendiri dan memilih strategi belajar, siswa SMP dan SMA mampu mengevalusi hasil belajarnya; (4) komunikasi matematis yang ditandai dengan siswa mampu mengelola pemikiran matematisnya dan mengkomunikasikan pemikiran matematis dengan jelas tampak ditunjukkan oleh siswa SD, serta mampu menggunakan bahasa matematis untuk mengekspresikan ide oleh siswa SMP dan SMA; analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari tahap teori APOS dapat disimpulkan bahwa siswa SD sudah mencapai tahap obyek, sedangkan SMP dan SMA sudah mencapai tahap skema; (5) respon positif siswa terhadap modul disimpulkan dari kenyataan bahwa siswa yang menggunakan modul ini, mulai dari tingkat SD sampai SMA, dapat memanfaatkannya sebagai referensi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 18 Apr 2017 13:40
Last Modified: 18 Apr 2017 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26410

Actions (login required)

View Item View Item