ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN PMRI
Herlin Nurdianasari, 0401513025 (2015) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN PMRI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (174kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) merupakan salah satu kegiatan yang dapat mewadahi aktivitas siswa dalam mengembangkan kemampuan literasi matematika. Kemampuan literasi matematika adalah kemampuan seseorang untuk memahami dan menerapkan pengetahuan dasar matematika dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan pembelajaran perlu memperhatikan perbedaan gaya kognitif siswa sebagai bagian dari karakteristik individu yang menyebabkan perbedaan pada kemampuan literasi matematika setiap siswa. Penelitian ini merupakan kombinasi metode kuantitatif dan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik pembelajaran PMRI di kelas VIII, mendeskripsikan karakteristik kemampuan literasi matematika siswa pada setiap tipe gaya kognitif, dan mengidentifikasi keefektifan pembelajaran PMRI di kelas VIII. Sebanyak 36 siswa kelas VIII ditentukan gaya kognitifnya dengan menggunakan Matching Familiar Figure Test (MFFT). Diperoleh 2 siswa bergaya kognitif reflektif, 11 siswa bergaya kognitif impulsif, 2 siswa bergaya kognitif fast accurate, dan 21 siswa bergaya kognitif slow innaccurate. Karakteristik pembelajaran dideskripsikan berdasarkan hasil validasi perangkat, pengamatan guru, dan respon siswa. Karakteristik kemampuan literasi matematika dideskripsikan berdasarkan hasil tes kemampuan literasi matematika dan wawancara. Keefektifan pembelajaran PMRI diuji dengan menggunakan uji proporsi dan uji banding satu sampel berpasangan. Perangkat pembelajaran PMRI yang terdiri atas silabus, RPP, bahan ajar, lembar kerja, dan tes kemampuan literasi matematika valid dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik PMRI. Siswa reflektif memiliki kemampuan yang menonjol pada aspek reasoning and argument. Siswa impulsif memiliki kemampuan yang menonjol pada aspek communication. Siswa fast accurate memiliki kemampuan yang menonjol pada aspek mathematising. Siswa slow innaccurate memiliki kemampuan yang menonjol pada aspek representation Pembelajaran PMRI di kelas VIII efektif yang ditandai dengan proporsi siswa yang mencapai KKM lebih dari 75% dan rata-rata kemampuan literasi matematika siswa meningkat. Guru perlu menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan gaya kognitif siswa agar kemampuan literasi matematika siswa dapat berkembang dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 18 Apr 2017 11:53 |
Last Modified: | 18 Apr 2017 11:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26404 |
Actions (login required)
View Item |