IMPLEMENTASI TEORI SOLO PADA MODUL BERMUATAN KARAKTER KERJA KERAS DAN KONEKSI MATEMATIK MATERI STATISTIKA SEKOLAH


Fifi Yuniarti, 0401513070 (2016) IMPLEMENTASI TEORI SOLO PADA MODUL BERMUATAN KARAKTER KERJA KERAS DAN KONEKSI MATEMATIK MATERI STATISTIKA SEKOLAH. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Tesis_Fifi.pdf]
Preview
PDF
Download (932kB) | Preview

Abstract

Terbatasnya bahan ajar yang disusun berdasarkan teori SOLO mendasari diterapkannya teori tersebut untuk mengembangkan modul referensi bermuatan kerja keras dan koneksi matematik. Penyusunan modul dari tahap prestructural yang memuat materi, unistructural mengarahkan pembaca mengidentifikasi informasi pada contoh, multistructural mengarahkan pembaca menggunakan prosedur matematika, tahap relational dan extended abstract yang mengarahkan pembaca menyelesaikan permasalahan terkait disiplin ilmu lain dan kehidupan sehari-hari. Penyajian materi dari sederhana sampai aplikasi kompleks dapat mendorong kerja keras dan pembiasaan menyelesaikan permasalahan tersebut dapat membawa pada koneksi matematik pembaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana eksistensi bahan ajar berdasarkan teori SOLO dan mengetahui kevalidan serta kepraktisan modul statistika. Desain penelitian ini adalah pengembangan dengan tahap Borg & Gall (1983) yang dibatasi sampai tahap keenam yaitu uji coba lapangan terbatas. Subjek penelitian adalah guru, orang tua, dan siswa SD, SMP, SMA di Kabupaten Tegal. Variabel penelitian ini adalah karakter kerja keras dan koneksi matematik. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, observasi, dan portofolio serta dianalisis dengan uji validitas dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan sekolah berdasarkan teori SOLO masih kurang pada tahap relational dan extended abstract. Modul statistika sekolah yang disusun valid dengan rata-rata skor kevalidan 4,31 dengan kriteria sangat baik. Modul statistika sekolah yang disusun praktis ditunjukkan dengan respon positif dari guru dan orang tua bahwa modul dapat digunakan sebagai referensi belajar siswa; kemunculan karakter kerja keras siswa terlihat pada siswa SD bersungguh-sungguh menyelesaikan tugas, meneliti hasil pekerjaan, dan menggunakan sumber belajar serta siswa SMP dan SMA juga mampu mengelola waktu yang dimiliki; kemunculan koneksi matematik siswa terlihat pada siswa SD dapat mengenali dan menggunakan koneksi antara ide-ide matematika, memahami hubungan antara ide-ide matematika dan siswa SMP serta SMA juga mampu menerapkan matematika dalam konteks di luar matematika. Respon positif siswa terhadap modul diketahui dari siswa yang belajar menggunakan modul ini dari tingkat SD sampai SMA dapat memanfaatkannya sebagai referensi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 18 Apr 2017 11:46
Last Modified: 18 Apr 2017 11:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26402

Actions (login required)

View Item View Item