ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU, LITERASI MATEMATIKA, DAN KARAKTER PESERTA DIDIK
Erni Widiyastuti, 0401513015 (2016) ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU, LITERASI MATEMATIKA, DAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (324kB) | Preview |
Abstract
Pedagogical Content Knowledge (PCK) merupakan keterampilan guru mengubah materi pelajaran yang diberikan menjadi bentuk yang dapat dipahami peserta didik. PCK dapat digambarkan melalui elemen yang disebut sebagai CoRe (Content Representation). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan PCK guru, literasi matematika peserta didik, karakter peserta didik dalam pembelajaran, dan keterkaitan PCK guru dalam membangun literasi matematika dan karakter peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah dua orang guru berpengalaman dan peserta didik dari guru yang bersangkutan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Data hasil penelitian yang telah terkumpul, selanjutnya dilakukan reduksi data. Data PCK dianalisis dan disajikan secara runtut berdasarkan setiap aspek pada CoRe. Data literasi matematika peserta didik dianalisis dan disajikan berdasarkan indikator literasi matematika menurut PISA. Data karakter peserta didik dianalisis dan disajikan berdasarkan indikator utama karakter kreatif dan rasa ingin tahu dari Kemdiknas. Bentuk penyajian data dalam penelitian ini meliputi teks naratif dan matriks. Berdasarkan analisis yang dilakukan, PCK guru di dalam pembelajaran matematika pada materi prisma dan limas di kelas VIII memiliki beberapa persamaan dan perbedaan pada setiap aspek dalam CoRe. PCK guru tidak ada yang berada pada tingkatan Pra PCK, guru pertama berada pada kelompok Maturing PCK dan guru kedua berada pada kelompok Growing PCK. Literasi matematika peserta didik dari guru pada kelompok Maturing PCK berada pada level 4, 3, 2, 1 dan rata-rata pada level 3. Literasi matematika peserta didik dari guru pada kelompok Growing PCK berada pada level 3, 2, 1 dan rata-rata pada level 1. Karakter kreatif peserta didik dari guru pada kelompok Maturing PCK maupun Growing PCK pada tingkatan sedang dan rendah. Karakter rasa ingin tahu peserta didik dari guru pada kelompok Maturing PCK pada tingkatan tinggi, sedang dan rendah. Karakter rasa ingin tahu peserta didik dari guru pada kelompok Growing PCK pada tingkatan sedang dan rendah. PCK guru dapat membantu meningkatkan literasi matematika serta karakter peserta didik. PCK guru menjadi syarat perlu, namun tidak menjadi syarat cukup untuk meningkatkan literasi matematika serta karakter peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 18 Apr 2017 11:41 |
Last Modified: | 18 Apr 2017 11:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26401 |
Actions (login required)
View Item |