ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA WHOLE BRAIN TEACHING DENGAN PENDEKATAN REALISTIK


Endah Pramurti Setianingrum, 0401513042 (2015) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA WHOLE BRAIN TEACHING DENGAN PENDEKATAN REALISTIK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (521kB) | Preview

Abstract

Kemampuan representasi matematis yang rendah menjadi persoalan pembelajaran di SMP. Kemampuan representasi matematis dalam matematika dapat dilihat dari proses representasi matematisnya di berbagai dimensi, salah satunya adalah kemampuan awal matematis (KAM) siswa. KAM dapat dibedakan menjadi tiga kategori, yaitu kategori rendah, kategori sedang, dan kategori tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kefektifan model pembelajaran Whole Brain Teaching dengan pendekatan realistik serta mendiskripsikan proses representasi matematis siswa pada setiap KAM dan jenis kelamin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Mix Method, dan desain penelitiannya adalah Concurrent Embaded. Rumusan masalah akan dicari jawabannya dengan metode kuantitatif dan kualitatif secara berimbang. Uji ketuntasan kemampuan representasi matematis memakai uji proporsi, sedangkan uji banding kelompok kontrol dan eksperimen dengan uji beda rata-rata. Uji yang digunakan adalah Anova satu jalur sebanyak 38 siswa kelas VIII F ditentukan KAM nya berdasarkan nilai KAM. Uji peningkatan kemampuan representasi matematis memakai selisih data pretes dan postes. Setiap KAM diambil 4 siswa yang dijadikan subjek penelitian. Siswa kelas VIII F diberikan pembelajaran WBT dengan pendekatan realistik. Jawaban siswa pada setiap tugas representasi matematis dianalisis dan subjek penelitian diwawancara sebagai triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) rata-rata kemampuan representasi matematis kelas WBT dengan pendekatan realistik telah mencapai ketuntasan klasikal; 2) ada perbedaan kemampuan representasi matematis siswa kelas WBT dengan pendekatan realistik, siswa kelas WBT dan siswa kelas konvensional; 3) ada perbedaan disposisi matematis siswa WBT dengan pendekatan realistik, siswa kelas WBT, dan siswa kelas konvensional; 4)ada perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa kelas WBT dengan pendekatan realistik siswa kelas WBT dan siswa kelas konvensional, 5) ada perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa kelas WBT dengan pendekatan realistik bila ditinjau dari kemampuan awal matematis. 6) proses representasi matematis siswa sejalan dengan kemampuan representasi matematis siswa pada setiap jenjang KAM dan jenis kelamin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 18 Apr 2017 11:15
Last Modified: 18 Apr 2017 11:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26400

Actions (login required)

View Item View Item