IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERPADU MODEL CONNECTED DAN WEBBED PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR


Elisabeth Melati Utami , 0401511050 (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERPADU MODEL CONNECTED DAN WEBBED PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (103kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika belum banyak membentuk siswa untuk berpikir kreatif. Akan diterapkan pembelajaran terpadu model connected dan pembelajaran terpadu model webbed yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk merencanakan aktivitas belajar, melaksanakan proyek secara kolaboratif, dan pada akhirnya menghasilkan produk kerja yang dapat dipresentasikan kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan kajian mengenai keefektifan pembelajaran terpadu model connected dan pembelajaran terpadu model webbed terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; (2) Menghasilkan kajian mengenai kesulitan yang dihadapi dalam menyelesaikan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas pembelajaran terpadu model connected , dan pembelajaran terpadu model webbed. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed methods model concurrent embedded dengan metode kuantitatif sebagai metode primer. Subjek pada penelitian kualitatif adalah tiga kelas yang diberi perlakuan pembelajaran terpadu model connected, pembelajaran terpadu model webbed serta pembelajaran ekspositori. Pada penelitian kualitatif masing-masing dari setiap pembelajaran diambil 5 siswa kemudian dijenjangkan dari siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Jawaban tes akhir siswa pada setiap pembelajaran dianalisis, diberikan penskoran dan subjek penelitian diwawancarai kemudian diberikan kesimpulan dari kedua data tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran pembelajaran terpadu model connected dan pembelajaran terpadu model webbed efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Ketuntasan KKM paling tinggi pada pembelajaran terpadu model webbed, serta terdapat pengaruh terhadap karakter ingin tahu siswa dan ketrampilan berfikir kreatif sebesar 90,2% dan mempunyai nilai rata-rata ketuntasan paling tinggi yaitu 83; (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika pada pembelajaran terpadu model connected yang memiliki kemampuan sedang mengalami kesulitan dalam langkah-langkah menyelesaikan soal matematika serta pada siswa yang memiliki kemampuan rendah mengalami kesulitan dalam hal percaya diri untuk menyelesaikan soal matematika; (3) kemampuan pemecahan masalah matematika pada pembelajaran terpadu model webbed yang memiliki kemampuan sedang mengalami kesulitan dalam langkah-langkah menyelesaikan soal matematika serta pada siswa yang memiliki kemampuan rendah mengalami kesulitan dalam hal percaya diri untuk menyelesaikan soal matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 18 Apr 2017 11:12
Last Modified: 18 Apr 2017 11:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26399

Actions (login required)

View Item View Item