ANALISIS KARAKTER KERJA KERAS DAN LITERASI MATEMATIKA PISA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL PBL STRATEGI MURDER MATERI PYTHAGORAS

Anis Munfarikhatin, 0401513048 (2016) ANALISIS KARAKTER KERJA KERAS DAN LITERASI MATEMATIKA PISA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL PBL STRATEGI MURDER MATERI PYTHAGORAS. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (142Kb)

    Abstract

    Kerja keras siswa dalam matematika terutama pada aspek berliterasi matematika siswa Indonesia dalam studi PISA masih menunjukkan hasil yang sangat rendah. Hasil survey PISA menunjukkan skor kemampuan literasi matematika siswa Indonesia masih berada pada rangking bawah. Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan pembelajaran PBL strategi MURDER pada materi Pythagoras dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Skenario diawali dengan orientasi siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa dalam menyelesaikan masalah, menginvestigasi permasalahan melalui diskusi kelompok, mengembangkan penyelesaian, dan mengevaluasi proses penyelesaian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Mix Method menggunakan desain Concurrent Embeded. Penelitian ini diawali dengan observasi awal terhadap kemampuan literasi matematika, teknik Cluster random sampling untuk memilih kelas eksperimen dan kontrol. Analisis awal kemampuan dan keterampilan literasi berdasarkan hasil skor pretes, karakter kerja keras diamati dengan observasi dan wawancara. Ruang lingkup penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Winong yang memfokuskan pada 5 siswa subyek pilihan dengan variabel kemampuan literasi, keterampilan literasi, dan karakter kerja keras. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan tes. Efektifitas pembelajaran dianalisis dengan menggunakan statistik uji ketuntasan klasikal, analisis regresi dan uji Gain. Hasil penelitian awal menunjukkan kemampuan siswa dalam berliterasi sangat rendah terutama pada aspek mathemathising. Keefektifan pembelajaran ditunjukkan dengan ketuntasan belajar kelas eksperimen mencapai 90%, kemampuan literasi matematika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, karakter kerja keras dan keterampilan literasi matematika berpengaruh positif terhadap kemampuan literasi dengan besar pengaruh 80,7%. Hasil uji gain menunjukkan peningkatan dengan thitung= 4,70 > ttabel= 1,67. Hasil analisis karakter kerja keras dan keterampilan literasi matematika ditunjukkan dengan peningkatan skor pengamatan terhadap 5 siswa pilihan pada setiap pertemuan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 12 Apr 2017 11:35
    Last Modified: 12 Apr 2017 11:35

    Actions (login required)

    View Item