MODEL PENGEMBANGAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI: STUDI KASUS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 SEMARANG


Darning Rakhmawati, 0402513070 (2015) MODEL PENGEMBANGAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI: STUDI KASUS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (522kB) | Preview

Abstract

Program Adiwiyata merupakan program pemerintah yang diciptakan akibat penurunan kualitas lingkungan melalui pendidikan.Kualitas lingkungan yangmenurun berkaitan dengan ketidakpedulian masyarakat terhadap lingkungan. Siswa sebagai bagian dari masyarakat perlu dididik mengenai kepedulian terhadap lingkungan. Penelitian mengenai Adiwiyata telah banyak dilakukan namun informasi tentang programtersebut dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pengembangan karakter peduli lingkungan di sekolah Adiwiyata Mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe studi kasus. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari informan utama (Tim Adiwiyata &Siswa) dan informan pendukung (Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Karyawan&Alumni). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Prosedur penelitian ini dibagi dalam empat tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, analisis dan penulisan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengembangan karakter berdasarkan empat aspek pelaksanaan Program Adiwiyata, tetapi masing-masing aspek belum dilaksanakan secara optimal. Model perilakuGuru dan Kepala Sekolah dan peraturan berperandalam model pengembangan karakter peduli lingkungan siswa. Aspek-aspek tersebut dapat dioptimalkan dengan adanya konsistensi.Model alternatif dibuat untuk meningkatkan konsistensi pengembangan karakter peduli lingkungan siswa. Konsistensi ini ditingkatkan dengan memposisikan siswa sebagai pusat dalam pelaksanaan Program Adiwiyata serta menambahkan reward andpunishment untuk meningkatkan motivasi dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 12 Apr 2017 14:36
Last Modified: 12 Apr 2017 14:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26393

Actions (login required)

View Item View Item