PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MATERI GERAK DENGAN MEMANFAATKAN KAMERA DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Carles Victor Natalius Simorangkir, 0402513015 (2015) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MATERI GERAK DENGAN MEMANFAATKAN KAMERA DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (432kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran kontekstual materi gerak dapat dilaksanakan dengan cara meninjau sebuah fenomena gerak yang nyata. Apabila objek yang ditinjau bergerak dengan cepat atau terjadi dalam interval waktu yang singkat, maka beberapa hal terkait gerak seperti posisi, kecepatan, dan percepatan sulit ditentukan. Gerak benda tersebut akhirnya tidak dapat dianalisis secara kuantitatif. Oleh karena itu, diperlukan alat bantu sebagai media pembelajaran. Alat bantu yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran adalah kamera digital. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran kontekstual gerak jatuh bebas dengan memanfaatkan kamera digital sebagai media pembelajaran serta menguji keefektifan dan kepraktisan pemanfaatkan media kamera digital dalam pembelajaran kontekstual gerak jatuh bebas. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R & D). Produk yang dihasilkan berupa perangkat pembelajaran kontekstual gerak jatuh bebas dengan memanfaatkan kamera digital sebagai media pembelajaran. Keefektifan produk diuji dengan eksperimen model two group post-test only. Sampel penelitian ialah siswa SMAN 1 Sengah Temila yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria sangat baik. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi pada kelas kontrol. Rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen ialah 78,96. Persentase siswa yang tuntas secara klasikal sebesar 87,5%. Pembelajaran kontekstual dapat dilaksanakan sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan. Tanggapan siswa maupun guru secara keseluruhan bersifat positif terhadap pembelajaran. Berdasarkan uraian hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kontekstual gerak jatuh bebas dengan memanfaatkan kamera digital sebagai media pembelajaran bersifat valid. Pembelajaran kontekstual dengan memanfaatkan media kamera digital efektif dan praktis untuk membelajarkan materi gerak jatuh bebas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 12 Apr 2017 11:34 |
Last Modified: | 12 Apr 2017 11:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26390 |
Actions (login required)
View Item |