Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Sosial Edmodo Terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa


Muhammad Alie Muzakki, 0402513049 (2016) Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Sosial Edmodo Terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (331kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran model inkuiri memberikan stimulasi kepada siswa untuk bebas mengemukakan pendapat. Kendala-kendala dalam penerapan suasana menjadi ramai,diskusi tidak berjalan maksimal, keterbatasan kemampuan, pelayanan dan sumber daya. Sebagai solusi penanganan terhadap kendala-kendala penerapan pembelajaran model inkuiri, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial Edmodo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh dan mengetahui perbedaan peningkatan kemandirian dan hasil belajar model Inkuiri Terbimbing berbantuan media sosial Edmodo dan model Inkuiri Terbimbing. Metode penelitian yang digunakan True Experimental Design. Data didapatkan melalui metode eksperimen dengan menggunakan Pre Eksperimental Design dengan tipe One-Group Pre-Test and Post-Test Design. Hasil penelitian ini antara lain: (1) model Inkuiri Terbimbing berbantuan media sosial Edmodo meningkatkan kemandirian belajar siswa. Ditunjukkan dari perolehan gain rata-rata skor kemandirian siswa pada kategori tinggi sebesar 80,8%, sedang sebesar 19,2%. Pada kelas kontrol hanya 11,5 % siswa berada pada kategori tinggi, 26,9% berada pada kategori sedang, dan 61,5% berada pada kategori rendah, (2) model Inkuiri Terbimbing berbantuan media sosial Edmodo meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil uji peningkatan rata-rata menempatkan kelas eksperimen pada kategori tinggi dengan gain sebesar 0,73, pada kelas kontrol berada pada kategori rendah dengan gain sebesar -0,9. Simpulan dari penelitian ini adalah Model pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Sosial Edmodo meningkatkan kemandirian belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.  

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 12 Apr 2017 11:31
Last Modified: 12 Apr 2017 11:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26389

Actions (login required)

View Item View Item