PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUDIO VISUAL DAN PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI DI SMA EFATA SO’E


Agsen Hosanty. S. Billik, 0402513106 (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUDIO VISUAL DAN PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI DI SMA EFATA SO’E. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (548kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir kritis untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa dalam kehidupan nyata, pembelajaran Biologi harus didasarkan pada pengalaman langsung yang dapat membantu siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan dan mempunyai dorongan yang tinggi untuk belajar. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut maka diperlukan model pembelajaran yang efektif. Model pembelajaran yang dipilih dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning (PBL). Penggunaan media pembelajaran dan kegiatan praktikum membantu guru dalam berkomunikasi dengan siswa dan membuat pembelajaran menjadi semakin menarik dan menyenangkan, Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi pada pembelajaran materi sistem reproduksi menggunakan model PBL berbantuan media audio visual dan model PBL dengan praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-postest Nonequivalent control design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling.. Data dianalisis menggunakan Uji Anova dan statistik deskripsi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model PBL berbantuan audio visual dan PBL praktikum dan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model PBL berbantuan audio visual dengan model konvensional juga terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelas yang diajarkan dengan PBL praktikum dengan kelas konvensional, terdapat perbedaan motivasi yang signifikan antara kelas yang menggunakan model PBL audio visual, PBL praktikum dan kelas konvensional. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbantuan audio visual dan PBL dengan praktikum lebih baik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian pembelajaran dengan model PBL berbantuan audio visual dan PBL dengan praktikum hendaknya diterapkan dalam proses pembelajaran disekolah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 12 Apr 2017 11:28
Last Modified: 12 Apr 2017 11:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26388

Actions (login required)

View Item View Item