EFEKTIVITAS NILAI - NILAI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN KELUARGA ETNIS TIONG HOA DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus Pada Keluarga Ibu Yenni dan Bapak Wiyanto)


Aryan Eka Prastya Nugraha, 0701513005 (2015) EFEKTIVITAS NILAI - NILAI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN KELUARGA ETNIS TIONG HOA DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus Pada Keluarga Ibu Yenni dan Bapak Wiyanto). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (300kB) | Preview

Abstract

Keberadaan Etnis Tiong Ho tidak lepas dari tujuan mereka hingga saat ini yaitu untuk berdagang dan berbisnis. Etnis Tiong Hoa yang dapat menguasai perekonomian, namun sebagai masyarakat pribumi belum banyak hal yang dapat dipelajari dari bidang ekonominya sendiri terutama dalam hal berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengaplikasikan dalam bentuk nilai - nilai pendidikan kewirausahaan keluarga Tiong Hoa, efektivitas nilai - nilai pendidikan kewirausahaan, memecahkan permasalahan hambatan penerapan nilai pendidikan kewirausahaan dan membentuk nilai - nilai alternatif pendidikan kewirausahaan dari keluarga Tiong Hoa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, adalah mixed method. Tahap selanjutnya menentukan sumber data dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, kemudian dilakukan analisis data kuantitatif dengan deskriptif persentase. Nilai - nilai pendidikan kewirausahaan keluarga diletakkan paling awal karena menjadi ukuran dasar sukses tidaknya proses di keluarga Tiong Hoa itu sendiri. Proses selanjutnya yaitu tahap Input, dalam hal ini individu atau anak (Etnis Tiong Hoa) yang belum terpengaruh apapun dalam proses pendidikan kewirausahaan di keluarganya. Tahap selanjutnya yaitu individu berperan sebagai penerima didikan dan keluarganya berperan sebagi motivator, pengajar, dan sekaligus orang tua sebagai mana mestinya. Semua tahap proses diharapkan dapat menciptakan (keluaran) individu yang memiliki kemampuan, pengetahuan dan kompetensi berwirausaha ala Tiong Hoa. Tahap akhir ketika sudah ada ouput yang diharapkan untuk berwirausaha, maka akan ada outcome yang mencerminkan berfungsinya keluaran. Hasil yang diharapkan individu tersebut memiliki kemampuan berwirausaha dan tahap akhir individu sudah dibekali dengan kemampuan dan pendidikan kewiraushaan ala keluarga Tiong Hoa akan dapat mengambil keputusan untuk melanjutkan usaha orang tua atau bekerja sendiri. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi khasanah baru mengenai ilmu pendidikan ekonomi dalam aspek kewirausahaan, khususnya di keluarga Etnis Tiong Hoa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 10 Apr 2017 16:38
Last Modified: 10 Apr 2017 16:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26386

Actions (login required)

View Item View Item